Beranda Pemerintahan Sawah Kekeringan, Petani Panen Dini

Sawah Kekeringan, Petani Panen Dini

Petani Lebak terpaksa memanen padi yang masih muda akibat kekeringan yang melanda wilayah Lebak, Banten. (Foto: Ali/Bantennews.co.id)

LEBAK – Musim kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Lebak, Banten menyebabkan produksi gabah petani menurun. Kondisi ini disebabkan minimnya pasokan air ke sawah, akibatnya padi tidak tumbuh maksimal.

Salah seorang petani di Kampung Cibungur Pasir, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Saprudin mengatakan para petani mulai merasakan dampak kekeringan. Untuk mengantisipasi kerugian yang lebih besar para petani akhirnya memanen padi lebih awal.

“Produksi gabah kini menurun. Biasanya dapat satu ton, tapi sekarang berkurang sekitar tiga kuintal,” kata Saprudin

Jika tidak diantisipasi, lanjut Saprudin, petani bisa merugi. Selain pertumbuhan padi melambat, bulir padi juga kurang berisi. Kondisi ini diperparah akibat saluran irigasi dari bendungan Cijoro yang sudah tidak lagi berfungsi dengan baik karena terjadi pendangkalan yang akhirnya produksi gabah petani juga menurun.

“Kami harap pemerintah segera turun tangan memperbaiki saluran irigasi agar saat musim kemarau tiba sumber air masih tetap bisa mengalir ke sawah,” harapnya. (Tra/Ali/Red)