Beranda Peristiwa Polairud Bersihkan Sampah di Teluk Labuan

Polairud Bersihkan Sampah di Teluk Labuan

Kabag Kerma Korpolairud Mabes Polri Kombes Andi Anugrah.

PANDEGLANG – Puluhan anggota Polisi Air dan Udara (Polairud) Mabes Polri menggelar kegiatan bakti sosial dengan membersihkan tumpukan sampah di kawasan pesisir pantai Desa Teluk, Kecamatan Labuan.

Kegiatan bakti sosial itu bekerjasama sama juga dengan Relawan Teluk Independen (RTI). Hasilnya, puluhan kantong plastik besar sampah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan ini.

Seperti yang diketahui, pemerintah daerah cukup kewalahan untuk menanggulangi sampah di lokasi tersebut. Sebab, selain masih ada budaya membuang sampah sembarangan, ada juga sampah kiriman yang terbawa arus pantai.

Kabag Kerma Korpolairud Mabes Polri, Kombes Andi Anugrah mengatakan, tugas pokok Polairud adalah menjaga keamanan di laut dan udara. Kata dia, sebagai warga negara yang baik, kegiatan bersih-bersih lingkungan khususnya kebersihan laut harus digalangkan oleh semua warga tidak hanya di momentum HUT saja.

“Tidak hanya HUT tapi kita juga punya kewajiban sebagai warga negara menjaga keamanan laut dan menjaga kebersihan lautnya. Kami cukup prihatin melihat garis pantai kita rata-rata kotor, maka dalam momentum ini kami mengajak masyarakat untuk menjaga pantainya, lautnya supaya bersih dan enak untuk dilihat serta tentunya menjadi lebih sehat,” jelas Andi, Minggu (31/10/2021).

Menurutnya, solusi untuk permasalahan sampah di bibir pantai khususnya di pesisir pantai teluk Labuan cukup dimulai dari kesadaran diri pribadi masing-masing. Sebab jika masyarakat sekitar masih belum sadar dengan kebersihan lingkungan maka hal itu akan sulit untuk dibereskan.

“Solusinya tentunya kesadaran bersama antara masyarakat dengan pemerintah daerah, walaupun diambil sedikit demi sedikit pasti lama-lama habis dan bersih karena kalau kita berharap langsung besar pasti itu sulit karena membutuhkan sumberdaya yang besar pula,” ungkapnya.

Setelah kegiatan ini, nantinya ratusan kantong sampah yang berhasil dikumpulkan akan diangkut menggunakan truk pengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir.

“Mudah-mudahan setelah ini tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan, karena dapar mencemari lingkungan,” tutupnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini