Beranda Teknologi Satelit Satria 1 Hari Ini Beroperasi, Diresmikan Jokowi

Satelit Satria 1 Hari Ini Beroperasi, Diresmikan Jokowi

Presiden RI, Joko Widodo

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan pengoperasian Satelit Republik Indonesia 1 (SATRIA-1) pada Kamis (28/12/2023).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi.

Pengoperasian satelit Satria 1 ini ditandai dengan peresmian Stasiun Bumi yang berlokasi di Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

“Bapak Presiden Joko Widodo besok (hari ini-red) meresmikan pengoperasian Satelit Bumi Satria-1,” ungkap Budi Arie di Surabaya, Rabu (27/12/2023).

Tak hanya Satelit Satria-1, Jokowi juga dijadwalkan meresmikan proyek BTS 4G yang dibangun BAKTI Kominfo di hari yang sama.

Sementara itu Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar mengumumkan telah berhasil merampungkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Wilayah Pelayanan Universal Telekomunikasi dan Informasi (WPUTI).

“SATRIA-1 juga mulai beroperasi dan menjangkau fasilitas layanan publik mulai akhir tahun ini,” ujarnya.

Peluncuran SATRIA-1 sendiri berlangsung pada tanggal 19 Juni 2023 di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Satelit Satria-1 dengan kapasitas 150 Gbps ini merupakan yang terbesar di Asia dan ke-5 di dunia. Satelit tersebut telah menempati orbit 146 derajat Bujur Timur atau tepat di atas Pulau Papua.

“Pengoperasian SATRIA-1 diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menopang layanan akses internet 37 ribu titik dengan kecepatan hingga sekitar 5 Mbps,” jelas perempuan yang akrab disapa Indah ini.

BAKTI Kementerian Kominfo juga telah membangun 11 stasiun bumi di Manado, Manokwari, Timika, Jayapura, Pontianak, Kupang, Ambon, Banjarmasin, Tarakan, Cikarang, dan Batam.

Stasiun bumi ini nantinya akan mendukung operasional SATRIA-1 secara terintegrasi.

“Dengan beroperasinya BTS 4G di berbagai wilayah serta adanya SATRIA-1 yang didukung sejumlah stasiun bumi, kami berharap saudara-saudara kita yang berada di daerah 3T mendapat akses digital secara optimal,” jelas Indah.  (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini