Beranda Hukum Sat Narkoba Polres Pandeglang Gelar Test Urine Awak Bus

Sat Narkoba Polres Pandeglang Gelar Test Urine Awak Bus

255
0
Menjelang arus mudik dan arus balik lebaran, Satuan Reserse Narkoba Polres Pandeglang menggelar test urin kepada pengemudi dan kondektur bus di Terminal Kadu Banen, Pandeglang, Banten, Jumat (31/5/2019). (Memed/bantennews).

PANDEGLANG – Menjelang arus mudik dan arus balik lebaran, Satuan Reserse Narkoba Polres Pandeglang menggelar test urine kepada pengemudi dan kondektur bus di Terminal Kadu Banen, Pandeglang, Banten, Jumat (31/5/2019).

Kaur Bin Ops Satres Narkoba Polres Pandeglang, Iptu A. R Taufiq mengungkapkan, test urine kepada sejumlah awak bus antara lain untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan. Hal tersebut untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas akibat sopir mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan. Selain itu untuk memberi rasa aman, nyaman, serta keselamatan terhadap penumpang yang akan mudik menjelang lebaran 2019.

“Yang sudah dicek urin itu ada 17 orang dari awak bus, elf dan termasuk angkot. Memang ada beberapa yang terindikasi obat cuman pas kami cek dengan Dinas Kesehatan yang bersangkutan mengkonsumsi obat Bodrex karena begitu dicek juga dia demam jadi tidak ada temuan sebetulnya,” terang Taufiq.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui kesehatan terhadap pengemudi angkutan umum baik bus, mikro, angkot dan penumpang kendaraan. Karena berdasarkan  pengalaman biasanya menjelang arus mudik dan balik awak bus berusaha untuk memenuhi biaya setoran dengan kondisi fisik yang harus terus terjaga, maka kadang kala ada saja pengemudi nakal yang menggunakan narkotika untuk dijadikan obat doping.

“Awak bus ini lebih tinggi aktifitasnya kemudian dia mengejar setoran dan dia pun harus tetap fit jadi kadang mereka mengkonsumsi sabu. Kalau program kami dari Polda tapi biasanya menjelang lebaran kami seminggu atau 3 hari menjelang lebaran kami selalu mengecek kesehatan sopir,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Pandeglang, AKP Sugiar Ali Munandar menambahkan bahwa Polres Pandeglang ingin memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik dengan melalui kegiatan tersebut. “Yang jelas tujuan inti dari kegiatan ini adalah bagaimana para penumpang merasa aman dan nyaman selama mudik ke kampung halamannya,” tambahnya. (Med/Red)