Beranda Peristiwa Sarana Irigasi Sungai Tingkatkan Produktivitas Lahan Pertanian di Kabupaten Tangerang

Sarana Irigasi Sungai Tingkatkan Produktivitas Lahan Pertanian di Kabupaten Tangerang

Ilustrasi - foto istimewa KampoengNgawi

KAB. TANGERANG – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang melakukan normalisasi beberapa sungai dan bangun saluran air tahun Anggaran 2021.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang, Slamet Budhi Mulyanto mengatakan, kegiatan peningkatan irigasi yang diperbaiki tahun 2021 hanya terlaksana 22, dari 62 kegiatan yang direncanakan.

“Peningkatan sungai dan peningkatan kapasitas saluran irigasi diproyeksikan dapat memenuhi layanan Daerah Irigasi (DI) lahan pertanian di Kecamatan Cisoka dan kecamatan Solear,” ujar Slamet Budhi melalui keterangannya, Senin (27/9/2021).

Dengan demikian jaringan irigasinya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sektor pertanian yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional.

“Petani yang biasa mengandalkan suplai air dari tadah hujan dapat terpenuhi kebutuhannya, melalui air irigasi yang berkelanjutan, sehingga intensitas tanam dari 100% menuju 245% dengan skala panen dari sekali setahun menjadi 2 sampai 3 kali dalam setahun,” jelasnya.

Dia berharap proyek peningkatan irigasi dan normalisasi sungai dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama petani untuk mengairi area persawahannya.

“Untuk kedepannya kita juga berharap dapat melanjutkan kembali perapihan penanganan kontruksi di bidang SDA ini, sehingga kita bisa mengoptimalkan produktivitas dari proses pertanian,” katanya.

Sementara itu, menurut Mukhtarudin sebagai petani dan juga warga sekitar yang mendapatkan manfaat pembangunan drainase pihaknya mengaku merasa gembira.

“Pembangunan drainase yang dibangun berdampak baik bagi kelangsungan ekonomi masyarakat lingkungan daerah sini, terlebih khusus untuk para petani,” ungkapnya.

Lanjutnya, banyak manfaat yang didapat dari irigasi ini, selain sebagai aliran air dikala musim hujan yang biasa menggenangi sawah, ini juga untuk pengairan sawah.

(Man/Red)