Beranda Kesehatan Sapi dan Domba Kurban di Cilegon Didatangkan dari Luar Banten

Sapi dan Domba Kurban di Cilegon Didatangkan dari Luar Banten

Peternakan sapi yang berada di Cilegon Farm House. (Foto: Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Mendekati Idul Adha 2024, para pengusaha hewan kurban di Kota Cilegon tengah sibuk mengurus izin penerimaan sapi, kambing, dan domba yang akan didatangkan dari luar Banten.

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Hewan berwenang pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon, Dina Safitri saat dikonfirmasi terkait pemeriksaan hewan kurban.

“Saat ini para pengusaha lagi pada mengurus izin buat mendatangkan hewan kurban,” katanya kepada BantenNews.co.id, Rabu (22/5/2024).

Dina mengungkapkan, hewan kurban yang nantinya dijual di kios atau lapak yang ada di Kota Cilegon itu merupakan hewan yang didatangkan dari sejumlah daerah di luar Banten.

“Biasanya sih hewan hewannya didatangkan dari Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah. Palembang juga ada tapi sedikit kayaknya,” ujarnya.

Lantaran para pengusaha hewan kurban belum ada yang mendirikan lapak, oleh karena itu DKPP Kota Cilegon belum dapat melakukan pemeriksaan langsung terhadap hewan kurban tersebut.

“Nanti kalau sudah digelar kita lakukan pemeriksaan. Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan kesehatan, gigi sebagai syarat dalam islam, kemudian mulut, dan kuku,” ucap Dina.

Apabila nanti ditemukan hewan kurban yang mengalami kendala kesehatan, kata Dina, pihaknya akan segera menindaklanjuti agar penyakit tersebut tidak menular kepada hewan yang lain.

“Kalau penyakitnya ringan, kita akan tangani dengan pengobatan. Tapi kalau penyakitnya seperti antraks ya harus dimusnahkan,” tutupnya.

(STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News