Beranda Pemerintahan Sanuji Dukung Ibu-ibu di Kelurahan Cibeber Kembangkan UMKM Batik

Sanuji Dukung Ibu-ibu di Kelurahan Cibeber Kembangkan UMKM Batik

Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta mendorong ibu-ibu di Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cibeber, untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) batik

CILEGON – Untuk mewujudkan perempuan yang berdaya saing secara ekonomi, Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta mendorong ibu-ibu di Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cibeber, untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) batik.

Hal itu dikatakan Sanuji usai kegiatan pelatihan membatik dan menjahit program kawasan batik yang digelar Rinara Rumah Batik, di Kantor Kelurahan Cibeber, Jumat (24/11/2023).

“Salah satu rumah batik di Cilegon adalah Rinara, saya berharap sukses berlanjut pesertanya bisa terus dan rumah batik-batik bisa terus berlanjut,” kata Sanuji.

Ia menambahkan, dengan mengembangkan produksi batik di wilayah tersebut diharapkan bisa menghadirkan lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu rumah tangga. Dengan begitu, warga bisa mendapatkan pemasukan sehingga mensejahterakan ekonomi.

“Adanya pekerjaan pendapatan penghasilan untuk ibu-ibu mereka bisa berwirausaha di rumah menjahit berhatik, tidak perlu keliling tapi mereka mendapatkan pendapatan penghasilan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sanuji menyampaikan, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah setempat terhadap perkembangan UMKM serta upaya melestarikan budaya khas Kota Cilegon.

“Kemudian UMKM kita mendapatkan dukungn kerjasama antara wirausahawan, CSR perusahaan dan pemerintah bisa terjalin bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Rinara Rumah Batik Rina Rahmayanti mengaku sudah memiliki sedikitnya 28 motif yang telah mendapatkan hak atas kekayaan intelektual (HaKI). Salah satunya batik landmark Kota Cilegon, teratai rawa arum, bandrong lesung, dan emping melinjo.

“Berawal dari ini alhamdulillah dari program hibah atau program bantuan sangat membantu dan antusias ingin belajar membatik khususnya belajar menjahit dan kami fasilitasi semua alat dan bahan dari PLN,” ucapnya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini