Beranda Bisnis Sandal Jepit Ukir Asal Pandeglang Merambah ke Luar Daerah

Sandal Jepit Ukir Asal Pandeglang Merambah ke Luar Daerah

Ukiran sandal jepit. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Surjana, pemuda asal Kampung Pagerbatu Rt 02 Rw 01, Kelurahan Pager Batu, Kecamatan Majasari, Pandeglang, Banten, mengubah sendal jepit menjadi karya seni dan bernilai ekonomis tinggi.

Surjana bercerita mengenai kariernya sebagai pengukir sandal sudah dimulai sejak tiga tahun lalu, dirinya mengaku memperoleh keahlian ini dengan berlatih secara otodidak. Untuk gambar ia  mengandalkan imajinasi semata. Untuk menghasilkan 1 sandal jepit dengan karya seni yang indah dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam tergantung dari tingkat kerumitannya.

“Belajar sendiri aja sih, karena awalnya sandal jepit kan banyak yang suka nyuri tuh kalau ke mesjid. Nganggur-ngaggur ngukir sandal ya. Dan terfikir untuk mencoba menyalurkan hobby tersebut,” katanya, Sabtu (23/2/2019).

Untuk alat yang biasa digunakan saat mengukir ia hanya membutuhkan pisau tajam serta jepitan biasa. Sepasang sandal jepit hasil karyanya ia bandrol dengan harga mulai dari Rp50-Rp150 Ribu tergantung gambar dan kesulitan saat pengerjaan.

“Paling murah Rp50 ribu dan paling mahal Rp150 ribu. Ya di sesuaikan dengan pesanannya saja,” terangnya.

Untuk penjualan Surjana mengaku sudah mulai memasarkan ke wilayah luar Pandeglang seperti Jakarta, Medan, Bandung, Cilacap, Tangerang, Rangkas, Serang dengan cara pemasaran menggunakan akun instagram miliknya yakni @sandalukir17.

“Dari band Rompoet Hijau sudah ada yang memesan dan ini ada pesanan dari apa itu yah desainer di Indosiar jakarta memesan 50 pasang. Katanya untuk contoh,” ucapnya.

Dirinya berharap agar Pemerintah Kabupaten Pandeglang dapat melirik karyanya agar dirinya dapat memberdayakan pemuda  lain yang berada di sekitarnya.

“harapannya sih ada bantuan mesin agar bisa mempercepat pembuatan. Karena kan kalau usahanya maju saya juga bisa membantu pemuda lain yang tidak memiliki pekerjaan,” harapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini