Beranda Peristiwa Sampah TPSA Bagendung Terbakar Lagi, Damkar Singgung Sterilisasi Pemulung Oleh DLH

Sampah TPSA Bagendung Terbakar Lagi, Damkar Singgung Sterilisasi Pemulung Oleh DLH

629
0
Petugas Damkar berupaya memadamkan api tumpukan sampah di TPSA Bagendung. (Foto : Gilang)

CILEGON – Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kota Cilegon kembali terbakar. Menurut Kepala UPT TPSA Bagendung, Dedi Ismanto mengungkapkan kabar api yang kembali membakar tumpukan sampah di areal tersebut ia peroleh pada Minggu (18/8/2019).

“Kabar kebaran lagi itu saya dapat sekitar jam 7 malam ya, semalam. Lumayan besar apinya, karena malam ya kan jadi terlihat jelas apinya,” ujarnya ditemui di lokasi kebakaran TPSA, Senin (19/8/2019).

Pantauan BantenNews.co.id di lokasi, sejumlah petugas pemadam kebakaran masih terus berupaya memadamkan kebakaran yang menimbulkan asap pekat tersebut. Masih dikatakan Dedi, sumber api mendominasi di areal bawah TPSA yang berada di kedalaman lebih dari 10 meter dari permukaan lahan. “Yang terbakar sekitar 5 hektare,” terangnya.

Terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, Nikmatulloh yang ditemui di gedung DPRD Cilegon mengatakan pihaknya sudah berupaya maksimal untuk memadamkan api. “Ya sekarang tinggal berapa persennya sajalah. Tadi itu kalau api meluas, tapi sudah teratasi jam 04.00 WIB, selesai sudah,” katanya.

Ia beralasan, kurang maksimalnya sterilisasi areal oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memicu api kembali membakar pusat pembuangan sampah tersebut.

“Sterilisasi dari LH pada pemulung, kayaknya kurang. Makanya bisa terjadi kebakaran itu lagi. Jadi seharusnya di sana (TPSA) itu dijaga ketat, jangan sembarang orang masuk,” tandasnya.

Di bagian lain Kepala DLH Kota Cilegon, Ujang Iing yang dikonfirmasi melalui telepon genggamnya tidak menjawab panggilan wartawan. (dev/red)