Beranda Pemerintahan Sambut Tahun Baru Hijriyah, Desa Cikatapis Gelar MTQ

Sambut Tahun Baru Hijriyah, Desa Cikatapis Gelar MTQ

Kepala Desa Cikatapis, Darmawan

LEBAK – Dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah, Desa Cikatapis, Kecamatan Kalang Ayar, Kabupaten Lebak, akan menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat desa yang akan berlangsung selama enam hari yakni mulai tanggal 11 – 16 September 2018.

Untuk memeriahkan acara tersebut ribuan masyarakat Cikatapis yang terbagi menjadi empat RW akan mengikuti pawai ta’aruf dengan berbagai kendaraan mengelilingi desa setempat.

Kepala Desa Cikatapis, Darmawan
mengatakan, kegiatan MTQ dalam menyambut tahun baru Islam ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar. Salahsatu tujuannya adalah untuk menggali minat dan bakat masyarakat serta menumbuhkan kecintaan dalam membaca Al-Qur’an dan menjaga ukuwah islamiyah antar warga.





“Insya Allah besok malam MTQ akan dibuka. Namun sebelumnya kita akan gelar pawai ta’aruf yang akan diikuti seluruh masyarakat Cikatapis,” kata Darmawan.

Menurutnya, adapun jenis perlombaan yang akan diikuti oleh empat kafilah atau empat RW diantaranya Marhaba, tahfiz, tilawah, murotal, muadzin, sarhil, kosidah, kiroatul kutub serta pidato antar ketua RT/RW.

“Masing-masing peserta terbaik atau yang terpilih menjadi juara akan ada penghargaan dan uang pembinan yang dianggarkan dari APBdes,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan digelarnya MTQ tingkat desa ini Darmawan berharap, nilai-nilai keagaman dimasyarakat terus melekat. Sehingga, Desa Cikatapis hidup rukun dan sejahtera.

“Dihari penutup MTQ nanti kita akan adakan tablig akbar, sekaligus pembagian hadiah dan penghargaan,” ucapnya. (Tra/Ali/Red)