Beranda Ramadan Sambut Ramadan, Warga Cibadak Gotong-Royong Bersihkan Masjid

Sambut Ramadan, Warga Cibadak Gotong-Royong Bersihkan Masjid

Warga saat membersihkan masjid. (Sandi/bantennews)

LEBAK– Warga Kampung Umbulan, Desa Mekaragung, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, dalam menyambut bulan suci Ramadan  deng bergotong royong membersihkan masjid. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan warga saat beribadah.

Abah Enung, tokoh masyarakat Umbulan mengatakan, kegiatan bersih-bersih masjid ini adalah kegiatan rutin menjelang Ramadan.

“Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadan, karena dengan suasana masjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk,” kata Abah Enung kepada BantenNews.co.id, Sabtu (2/4/2022).

Ia menjelaskan, selain untuk kebersihan masjid, gotong royong ini juga sebagai tali silaturahmi antar warga kampung.

“Warga yang ikut membersihkan masjid dilakukan oleh semua warga, baik itu orang tua, pemuda dan anak-anak,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, warga juga telah mempersiapkan kegiatan selama bulan suci Ramadan, kegiatan tersebut antara lain, buka puasa bersama di masjid, salat tarawih serta mikra (baca Alquran setelah tarawih).

“Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim sesama warga yang mungkin untuk bertamu ke setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukkan dengan aktivitas masing-masing, seperti bekerja di kantor dan lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdan saja, namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi masjid pada saat itu.

“Kalau masjid sudah kelihatan kotor, para warga berdatangan membersihkan masjid, biasanya dilakukan sebelum menunaikan ibadah shalat Jumat,” katanya. (San/Tra/Red).

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News