Beranda Komunitas Sambut Ramadan, Persaudaraan Aceh Seranto Gelar Sunatan Massal dan Santunan di Tangerang

Sambut Ramadan, Persaudaraan Aceh Seranto Gelar Sunatan Massal dan Santunan di Tangerang

TANGERANG – Organisasi Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) menyambut bulan suci Ramadan dengan menggelar bakti sosial berupa Sunatan Massal dan Santunan Anak Yatim di GOR Kota Tangerang Jalan Damyati, Jumat (9/4/2021).

Terpantau, masyarakat terlihat antusias dengan agenda bakti sosial yang dilakukan PAS dan menggandeng unsur TNI/Polri tersebut. Nampak, sejumlah orangtua membawa anak-anaknya untuk bergilir dikhitan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Umum DPP PAS, Akhyar Kamil mengatakan jika kegiatan sosial tersebut merupakan wujud bentuk kepedulian terhadap sesama. Ia mengakui rutin mengadakan kegiatan sosial secara bertahap ke sejumlah daerah nusantara, untuk di wilayah Kota Tangerang sendiri baru kali pertama.

“Seperti di Aceh sudah kita lakukan 7.000 anak yatim dan fakir miskin. Lalu, untuk di Jabodetabek 3.000 anak dan pertama dilaksanakan di Kota Tangerang sekitar 200 lebih anak. Besok kita ke wilayah Majalengka,” ujar Akhyar kepada wartawan.

“Walau kegiatan sosial berbagai macam kita lakukan, tapi untuk sekarang fokus kita sunatan dan santunan anak yatim dan fakir miskin,” lanjutnya.

Untuk melakukan khitan, Akhyar katakan pihaknya mengerahkan tenaga medis dari PAS sebanyak 25 orang dan dibantu tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang sebanyak 5 orang.

Pimpinan organisasi primordial asal ujung pulau Sumatera ini berharap, dengan pelaksanaan khitan massal dan santunan yang dilakukan pihaknya, anak-anak dapat bermanfaat dan bahagia.

“Anak-anak dapat bahagia dan teruntuk orang tua nya agar bisa lebih meringankan beban mereka bukan menghilangkan beban yah,” terang Akhyar.

Di tempat yang sama, Kapolres Metro Tangerang Kota Deonijiu De Fatima mengatakan kegiatan sunatan massal tersebut memberi peluang kepada orangtua yang memiliki putra dimana belum menunaikan kewajiban sebagai umat muslim.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang kurang mampu dan usia anak yang harus disunat bisa melaksanakan secara bersama-sama,” tuturnya.

Dibeberkan Kapolres, jajarannya yakni Binmas dalam 11 Polsek wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota yang membawa peserta untuk dikhitan

“Masing-masing Binmas di setiap Polsek membawa 15 sampai 20 peserta,” paparnya.

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini