Beranda Peristiwa Saluran Air di Kutabumi Tangerang Dibersihkan dari Tumpukan Sampah Akibat Banjir

Saluran Air di Kutabumi Tangerang Dibersihkan dari Tumpukan Sampah Akibat Banjir

Saluran Air di Kutabumi Tangerang Dibersihkan dari Tumpukan Sampah - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Pemerintah Kelurahan Kutabumi, Kabupaten Tangerang melakukan pembersihan sampah yang tersumbat di saluran air di Jalan Taman Kutabumi, Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis.

Kerja bakti ini dilakukan oleh Lurah Kutabumi berserta Kepala Kasi Trantib dan linmas Kelurahan Kutabumi berserta dinas instansi terkait, tokoh masyarakat dan organisasi pemuda pancasila ranting Kelurahan Kutabumi melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat Kelurahan Kutabumi, Acep Pudin mengambil inisiatif dan memimpin kerja bakti tersebut.

“Kerja bakti ini juga dilakukan sebagai respons terhadap laporan masyarakat dan pengguna jalan yang melihat adanya tumpukkan sampah di selokan yang menyebabkan menghambat aliran air sehingga air meluap ke jalan raya, yang diakibatkan oleh tumpukan sampah pada saluran air. Hal itu menimbulkan terjadinya kemacetan, apalagi jalan tersebut lalu lintasnya sangat padat,” ujar Acep Pudin dalam keterangannya, Sabtu (25/3/2023).

Sinergitas ini mendapat dukungan penuh dari Tokoh Pemuda dan Ormas Pemuda Pancasila Kutabumi dan pelaku usaha dan warga kelurahan Kutabumi.

Ia meminta masyarakat Kutabumi ikut menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Jangan sampai berserakan dan bahkan masuk ke got dan gorong-gorong. Ini kalau sudah terjadi akan lebih sulit membersihkannya apalagi gorong-gorong ini sangat panjang dengan rata-rata ruko menutup got dengan cara dicor, ini mempersulit kerja bakti kita,” ujar Acep.

Acep berharap dan mengimbau partisipasi semua masyarakat sadar akan lingkungan yang sehat. Karena lingkungan sehat bisa diciptakan dari diri kita terlebih dahulu, sehingga akan menjadi contoh di masyarakat.

“Hasil kerja bakti ini nyata sekali yang tadinya got, gorong-gorong mampet, air got meluap ke jalan- jalan utama, alhamdulillah dengan sinergitas dan peran semua lini masyarakat got-got dan saluran air sudah mulai lancar,” ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat  Kutabumi selalu menjaga kebersihan serta membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang ke aliran sungai, hal ini demi mencegah terjadinya banjir kembali.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini