Beranda Kesehatan Sakit Gigi Saat Bangun Tidur, Mungkin Ini Penyebabnya

Sakit Gigi Saat Bangun Tidur, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Saat bangun tidur tiba-tiba sakit gigi dan sering membuat tidak nyaman dan berpengaruh merusak mood di pagi hari.

Pada sebagian besar kasus, sakit gigi dapat disebabkan oleh beberapa penyebab umum.

Berikut alasan mengapa gigi terasa sakit saat bangun tidur seperti dilansir detik.com.

1. Infeksi Sinus

Mengutip guardiandirect, ketika mengidap infeksi sinus biasanya sakit akan menyerang ke bagian kepala dan hidung. Hal ini dapat membuat gigi terasa tidak nyaman, karena sinus umumnya berada di atas gigi. Perlu diingat infeksi sinus biasanya tidak menyebabkan sakit pada satu gigi saja melainkan lebih ke arah nyeri di sebagian deretan gigi atas.

Infeksi sinus dapat menyebabkan cairan terkumpul saat tidur, tekanan itu dapat menyebabkan sakit gigi. Cobalah untuk langsung berbicara dengan dokter untuk meredakan sakit gigi.

2. Penyakit periodontal

Penyakit gusi juga dikenal sebagai penyakit periodontal. Penyakit ini ditandai dengan peradangan ringan hingga kehilangan jaringan besar dan gigi. Penyakit periodontal disebabkan oleh pengerasan plak pada gigi dan menyebabkan penumpukan karang gigi yang mengiritasi gusi secara bertahap.

Bagi yang mengidap penyakit ini, mungkin akan merasa tidak nyaman sepanjang hari yang membuat sakit gigi. Sensasi itu bisa menjadi sangat menyakitkan.

Jika merasakan radang atau tidak nyaman pada gusi, kunjungi dokter gigi sesegera mungkin. Hanya pembersihan gigi profesional yang dapat menghilangkan karang gigi, dan dokter gigi juga dapat merekomendasikan perawatan ekstra untuk meredakan sakit pada gusi dan gigi.

3. Posisi Tidur

Cara tidur juga dapat menyebabkan sakit gigi dan rahang. Misalnya, tidur dengan posisi tangan di bawah rahang, dapat menyebabkan sakit gigi. Terutama jika terbiasa tidur dengan mengenakan cincin atau gelang.

Untuk mengurangi kemungkinan tangan atau benda keras lain yang menyebabkan ketidaknyamanan, cobalah untuk melepas semua perhiasan sebelum tidur. Tempatkan bantal yang nyaman di bawah kepala, dan cobalah untuk tidak membiarkan tangan menyentuh wajah saat tidur.

4. Makanan Tersisa di Gigi

Penyebab umum lain dari sakit gigi saat bangun tidur adalah makanan yang tersisa di gigi. Beberapa makanan umum yang biasanya tertinggal di gigi adalah makanan keras yang masuk di antara retakan gigi.

Makanan yang tersisa di gigi memiliki efek negatif saat tidur yang menjadi penyebab sakit gigi. Maka dari itu, pastikan untuk menyikat gigi dengan benar dan bersih sebelum tidur.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini