Beranda Ramadan Sains Buktikan Puasa Bisa Membuat Panjang Umur

Sains Buktikan Puasa Bisa Membuat Panjang Umur

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Pakar kesehatan sekaligus peneliti mengatakan puasa bukan lagi sekadar kewajiban umat islam yang dilakukan saat bulan Ramadaan, tapi juga terbukti bikin panjang umur.

Hal ini diungkap langsung Sekjen Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) 2014-2015, dr. Rais Reskiawan yang mengatakan puasa yang berarti tidak makan dan minum akan memperlambat metabolisme tubuh.

“Jadi sejauh yang saya pahami dalam studi eksperimental ini sudah konfirmasi, bahwa berpuasa memang sangat berpotensi untuk memanjangkan umur,” ujar dr. Rais dalam diskusi webinar melansir suara.com, Jumat (8/4/2022).

Lelaki yang juga kandidat doktor di University of Nottingham Inggris ini mengatakan metabolisme yang lambat ini tercermin dalam eksperimen yang dilakukan terhadap monyet dan tikus, sebagai hewan dengan struktur tubuh yang kompleks seperti manusia.

Eksperimen itu menyebutkan bahwa hewan dengan ukuran tubuh yang lebih besar itu memiliki metabolisme yang lambat, dan metabolisme yang melambat inilah membuat usia hewan jadi lebih panjang umur.

“Mereka juga menunjukan bahwa, pengurangan makan ini bisa memperpanjang umur monyet dan tikus. Kalau kita berpuasa kan itu kita menurunkan metabolisme tubuh, makanya kita menyuruh hewan besar ini mengurangi makan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, manfaat lain dari puasa adalah bisa menurunkan kadar radikal bebas dalam tubuh. Sedangkan radikal bebas ini bisa mempercepat penuaan sel dalam tubuh manusia.

“Jadi memang puasa itu sangat berpotensi membuat usia lebih panjang,” simpul dr. Rais.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini