Beranda Gaya Hidup Saat Pagi Hari, Minum Kopi atau Olahraga, Mana yang yang Lebih ‘Nendang’

Saat Pagi Hari, Minum Kopi atau Olahraga, Mana yang yang Lebih ‘Nendang’

Ilustrasi - Foto istimewa IDN Times

Saat pagi hari, kamu lebih senang berolahraga atau minum kopi, mana lebih baik?. Ya efek kafein memang memacu jantung untuk lebih siap diajak beraktivitas, bebas kantuk dan lebih konsentrasi.

Tetapi kopi bukan satu-satunya pilihan. Bagi yang sensitif, kopi justru bikin jantung berdebar-debar. Alternatifnya, olahraga pagi juga memberikan efek yang sama dengan kopi yakni mengusir kantuk dan membuat otak lebih fokus.

Bahkan sebuah artikel di Thedailybeast menyebut, olahraga pagi selama 30 detik tiap kali merasa mengantuk, efeknya lebih manjur dibandingkan kopi.

“Setiap kali saya membutuhkan energi tambahan, saya melakukan gerakan yang bisa menyentak kerja jantung saya 70 persen dari detak maksimal per menitnya. Biasanya saya melakukan 20 burpees (push-up dan jumping jack) atau 40 kali dalam posisi push-up, mengarahkan lutut ke siku,” tulis Gregory Ferenstein dalam artikel tersebut.

Gregory menguji teorinya dengan sebuah alat bantu. Hasil pengujian menunjukkan, kinerja kognitif otak meningkat 6 persen setelah mengonsumsi kafein. Namun setelah olahraga, peningkatan terpantau 12 persen atau dua kali lipat.

Bagaimana dengan pembaca detikHealth, lebih banyak tim ‘kopi’ atau tim ‘olahraga pagi’? Tinggalkan jejak di komentar.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini