Beranda Kesehatan Saat Olahraga Terasa Mual, Kenali Penyebabnya

Saat Olahraga Terasa Mual, Kenali Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Bagi beberapa orang mengalami rasa mual saat sedang berolahraga. Penyebab mual saat olahraga bermacam-macam.

Berikut ini ada tiga pemicu utama munculnya rasa mual saat sedang berolahraga seperti dilansir glitzmedia.co.

1. Kadar Gula Rendah

Saat sedang berolahraga kemudian terasa perut terasa mual, lelah, dan mata berkunang-kunang, bisa jadi kadar gula darah Anda rendah. Kadar gula rendah atau hipoglikemia saat berolahraga, bisa dialami seseorang karena kurangnya asupan karbohidrat sebelum berolahraga. Untuk mengembalikan kondisi tubuh, Anda dapat mengonsumsi karbohidrat seperti buah pisang agar tubuh tetap sehat.

2. Sirkulasi dan Tekanan Darah Tidak Teratur

Olahraga memang bagus untuk kesehatan, namun bila intensitasnya terlalu tinggi dan tidak dikombinasikan dengan asupan yang sesuai, malah berdampak buruk bagi tubuh. Salah satu dampaknya adalah sirkulasi dan tekanan darah.

Hal ini bisa terjadi karena darah banyak dialirkan ke otot untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen, sehingga pasokan oksigen dan nutrisi ke perut berkurang dan menyebabkan rasa mual.

3. Kadar Merkuri di Dalam Tubuh Berlebih

Merkuri adalah salah satu zat logam yang sering terdapat pada makanan laut. Bila Anda sering mengonsumsinya, kemungkinan kadar merkuri dalam tubuh akan tinggi.

Dalam kondisi ini, merkuri akan menyebabkan tubuh merasa mual. Bila sedang giat berolahraga, sebaiknya Anda kurangi konsumsi makanan laut untuk menurunkan risiko mual. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini