Beranda Kesehatan Saat Kedinginan, Ternyata Tubuh Kita Bisa Melakukan Reaksi Ini

Saat Kedinginan, Ternyata Tubuh Kita Bisa Melakukan Reaksi Ini

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Memasuki musim penghujan, suhu udara mulai dingin. Walaupun Indonesia memang tidak pernah merasakan musim salju, tapi dinginnya musim hujan cukup mempengaruhi kondisi tubuhmu.

Percaya gak percaya, terdapat beberapa perubahan yang terjadi kepada tubuhmu akibat reaksi terhadap cuaca dingin. Sifatnya memang sementara tapi ada kalanya reaksi itu sangat menganggu dan menyebalkan.

Mau tahu? Berikut ini yang terjadi pada tubuhmu ketika kedinginan seperti dilansir IDN Times.

1. Aliran darahmu berkurang

Salah satu bentuk perlawanan tubuh kita terhadap kondisi dinginnya udara luar adalah berkurangnya aliran darahmu. Saat tubuhmu terkena air dingin atau udara dingin, pembuluh darahmu mengerut membatasi pergerakan aliran darah.

Apa artinya? Tangan dan kakimu akan mulai terasa dingin. Namun itu pertanda bagus karena menandakan panas tubuhmu yang keluar berkurang dan disimpan untuk melindungi organ vitalmu.

2. Kamu mulai menggigil

Tubuhmu juga akan melakukan satu kegiatan lagi untuk menjaga suhu tubuhmu: menggigil. Organ dan ototmu akan mulai bergetar untuk membantu menciptakan kehangatan yang tak dapat diperoleh dari luar.

Tentu saja semakin dingin suhu di luar, maka semakin kuat pula kamu menggigil. Tidak mau seperti itu? Coba jejakkan kakimu, bertepuk atau meloncat-loncat. Bergerak juga menciptakan panas yang setara dengan produksi menggigil.

3. Kamu merinding

Merinding bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari ketakutan karena menonton film horor hingga lain hal, akan tetapi yang paling umum adalah dikarenakan kedinginan. Hasil penelitian menunjukkan merinding merupakan salah satu usaha pertahanan tubuh sejak manusia jaman purba. Saat kedinginan, bulumu berdiri untuk membuat lapisan yang melindungi kulit. Sayangnya, tubuh kita tak lagi memiliki rambut panjang lagi.

4. Putingmu mengeras

Mirip dengan fenomena bulu kuduk yang berdiri, udara dingin membuat putingmu mengeras. Otot di area putingmu berkontraksi akibat dingin, membuatnya menonjol keluar. Alasan lainnya adalah puting merupakan bagian tubuh yang paling sensitif dan paling mudah terstimulasi. Tidak ada orang yang ingin seperti, tapi mau bagaimana lagi.

5. Kamu merasa malas dan lelah

Pastinya setiap dari kita pernah merasakan ini: hanya ingin berada di bawah selimut yang hangat tanpa perlu bergerak. Santai saja, itu bukan dikarenakan kamu malas, melainkan karena memang kesalahan udara dingin.

Udara dingin sedikit banyak mempengaruhi siklus tidurmu. Karena kurangnya kehangatan itu, tubuhmu memproduksi melatonin, hormon yang membuatmu merasa mengantuk.

6. Bola zakar pria mengerut

Atau lebih mengecil dan menjadi rapat, serapat-rapatnya. Saat berada di kondisi cuaca dingin, bola zakar pria akan mengecilkan dirinya untuk melindungi testikel dan mempertahankan temperatur yang baik untuk produksi sperma. Itu mungkin bukan penampilan terbaikmu, tetapi percayalah, itu penting.

7. Bisa mendapatkan kebutaan sementara

Untuk mereka yang berada di kondisi cuaca dingin yang ekstrem, kamu akan memiliki resiko untuk mengalami kebutaan. Santai saja, ini hanya untuk sementara ketika berada di udara dingin.

Namun jika kondisi dingin itu bertahan lama, bukan tidak mungkin kebutaan itu menjadi permanen karena kamu terkena hypothermiadan menyebabkan aliran darah yang menuju matamu turut menyempit. Itu adalah reaksi kondisi tubuhmu yang paling berbahaya.

Rasa-rasanya kalau enam poin pertama pasti pernah kita rasakan, tapi kalau yang kebutaan itu. Hmmm… Mungkin ini sempat dirasakan teman-teman yang berada di gunung atau tepat kalian ke luar negeri. Tapi intinya, tubuh kita itu menarik banget. Kira-kira ada pertanda lain gak ya ketika kamu kedinginan? (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini