Beranda Kesehatan Saat Cemas Napsu Makan Hilang, Ternyata Ini Sebabnya

Saat Cemas Napsu Makan Hilang, Ternyata Ini Sebabnya

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Saat merasa cemas seringkali nafsu makan kita hilang begitu saja. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Ketika seseorang mulai merasa cemas, hormon stres akan dilepaskan oleh tubuh. Hormon-hormon ini mengaktifkan sistem saraf simpatik yang membuat denyut jantung menjadi lebih cepat, dan tekanan darah menurun.

Penelitian menunjukkan bahwa lonjakan hormon stres yang tiba-tiba ini memiliki beberapa efek fisik. Salah satunya adalah adanya hormon corticotropin-releasing factor (CRF), yang berfungsi untuk mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan penekanan nafsu makan.

Tak hanya itu, hormon stres pun bisa memberikan efek pada pencernaan, seperti sembelit, diare, gangguan pencernaan, dan mual.

Hal ini dapat menyebabkan gejala fisik tambahan, seperti meningkatnya frekuensi pernapasan, detak jantung, otot terasa tegang, dan kulit pucat, atau memerah. Beberapa gejala fisik ini bisa terasa sangat tidak nyaman, sehingga membuat seseorang kehilangan nafsu makannya.

Namun tak perlu khawatir, sebab otak akan memberikan alarm hormon kortisol. Hormon ini berfungsi untuk menstabilkan kinerja otak akibat stres.

(Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini