Beranda Peristiwa Rumah Warga di Carita Roboh Dihantam Angin Kencang

Rumah Warga di Carita Roboh Dihantam Angin Kencang

Rumah warga Carita rata dengan tanah setelah dihantam hujan dan angin kencang.
Rumah warga Carita rata dengan tanah setelah dihantam hujan dan angin kencang.

PANDEGLANG – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Carita menyebabkan 1 unit rumah warga yang berada di Kampung Pagedongan RT 03 RW 06, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten roboh.

Kepala Desa Sukajadi, Sandi Wyasa membenarkan bahwa rumah roboh itu milik Kasmadi (50) yang ditinggali bersama istri dan 4 orang anaknya. Kata dia, peristiwa rumah roboh itu terjadi pada Selasa (24/1/2023) pukul 02.00 WIB dini hari tadi.

“Jadi rumah memang sudah tua sudah lapuk, kan semalam hujan angin jadi roboh jam 2 malam. Jadi udah berpotensi roboh awalnya, tadinya kan udah masuk ke list rumah tidak layak huni yang rencananya mau dibangun tahun ini,” katanya.

Ia menjelaskan, pada saat kejadian para penghuni rumah sedang berada di dalam dan langsung berusaha menyelamatkan saat mendengar gemuruh dari atap rumah. Ia menambahkan, bangunan rumah korban terbuat dari kayu. Keseluruhan atap dan dinding rumah ambruk tertiup angin. Hanya bagian depan saja yang tidak ambruk.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena pada saat itu pemilik rumah udah apal rumahnya mau roboh karena ada suara gemuruh dulu, udah gitu keluar dan rumah roboh. Ada enam orang dirumah itu, anaknya empat,” jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun karena kondisi rumah yang hampir semuanya rata dengan tanah membuat para pengungsi rumah untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Ngungsi dikontrakan, ditempatkan. Bantuan udah ada di lumbung sosial. Untuk perbaikan rumah sudah diusulkan, cuma sekarang kita progres untuk ke rumah bencana dari pengajuan dari perkim (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman) Provinsi Banten,” tutupnya. (Med/Red)