Beranda Peristiwa Rumah Sakit Sari Asih Serang dan RS Selaras Turun Kelas

Rumah Sakit Sari Asih Serang dan RS Selaras Turun Kelas

886
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

SERANG – Dua rumah sakit (RS) di Banten turun kelas. Keduanya adalah RS Selaras di Tangerang dari C ke D serta RS Sari Asih Serang di Kota Serang dari B ke C. Hal itu diketahui dari hasil jawaban Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI atas sanggahan rekomendasi penuruan yang dilayangkan 21 RS se Banten.

Jawaban atas sanggahan tersebut diketahui melalui surat rekomendasi penyesuaian kelas rumah sakit hasil penilaian ulang terhadap 615 rumah sakit yang diterbitkan pada 28 Agustus dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo.

Dalam surat tersebut disebutkan, rekomendasi penurunan kelas dapat dijadikan dasar dalam memberikan izin operasional baru rumah sakit, serta dasar penetapan PKB BPJS Kesehatan rumah sakit yang penyesuaian kelas sesuai dengan tarif ina CBG’s.

Dinas Kesehatan Provinsi maupun kabupaten/kota diminta meneruskan surat rekomendasi untuk segera dilakukan penetapan kelas kepada rumah sakit bersangkutan.

Sekda Banten Al Muktabar menuturkan, meski rumah sakit yang turun kelas berstatus milik swasta, Pemprov Banten akan melakukan pembinaan. Tujuannya agar rumah sakit tersebut kembali kembali naik kelas.

“Kan layanan ke ke masyarakat tidak melihat swasta kan. Layanan yang itu harus kita upayakan,” katanya Sekda beberapa waktu lalu.

Disinggung apakah rumah sakit yang direkomendasikan turun akan kembali mengajukan keberatan, Al Muktabar mengaku, belum mengetahuinya.

“Karena ini baru kemarin, jadi belum tahu mereka mau seperi apa. Kita upayakan untuk mengambil langkah terkait ini. Agar tadi memastikan pemerintah hadir, layanan membaik dan seterusnya,” ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada komentar dari pihak rumah sakit dimaksud. (You/Red)