Beranda Peristiwa Rumah Penyandang Disabilitas di Lebak Hangus Dilahap si Jago Merah

Rumah Penyandang Disabilitas di Lebak Hangus Dilahap si Jago Merah

Rumah warga yang terbakar di Lebak, Banten. (Ali/bantennews.co.id)

LEBAK – Satu unit rumah yang berada di Kampung Rancagawe, Desa Cikatapis, Kecamatan Kalanganyar, hangus dilahap si jago merah pada Sabtu (23/2/2019) sekira pukul 15.00 WIB.

Rumah tersebut diketahui milik Icah (70) seorang penyandang disabilitas. Icah tinggal bersama anaknya Suryadi (37) yang juga merupakan penyandang disabilitas mental harus menerima kenyataan pahit. Rumah yang baru di renovasi dirinya beberapa waktu lalu hangus dilalap si jago merah.

Suryadi mengatakan, pada saat kejadian dirinya baru pulang dan sedang beristirahat di ruang tamu. Dirinya dikagetkan dengan suara api yang tiba-tiba menyala dan melahap habis dapur miliknya.

“Saya baru pulang dari Cempa, dan sedang makan di ruang tamu. Tiba tiba ada suara gemuruh di dapur, ketika di cek ternyata itu api,” kata Suryadi.

Suryadi mengatakan, dirinya tidak mengetahui hal pasti yang menjadi penyebab kebakaran. Pasalnya, dirinya tidak menyalakan sumber api apapun, dan listrik dalam kondisi padam.

Api berhasil dipadamkan atas gotong-royong masyarakat sekitar yang langsung mencegah penyebaran api. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Namun, kerugian ditafsirkan mencapai puluhan juta rupiah.

Dalam kejadian tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak bersama pihak Desa bergerak cepat memberikan pasokan bantuan berupa beras, selimut dan peralatan rumah tangga lainnya.

Kepala Desa Cikatapis Darmawan, memastikan rumah milik Suryadi dan Icah akan mendapatkan renovasi dari pihak desa.

” Kita segera akan membantu merenovasinya dengan menggunakan Dana Desa ,” tegasnya.

Sampai saat ini belum ditemukan pasti penyebab kebakaran tersebut. Pihak PLN juga sudah melakukan kroscek dan memastikan kebakaran tersebut bukan disebabkan oleh arus pendek listrik. (Ali/Red)