Beranda Kesehatan RS Mata Achmad Wardi Serang dan Dompet Dhuafa Gelar Workshop Basic Eye...

RS Mata Achmad Wardi Serang dan Dompet Dhuafa Gelar Workshop Basic Eye Exam

RS Mata Achmad Wardi BWI - Dompet Dhuafa menyelenggarakan Workshop Pemeriksaan Mata Dasar di Wilayah Kota Serang

SERANG – Katarak merupakan salah satu penyakit mata paling sering terjadi pada lansia. Tidak jarang, penyakit tersebut juga menjadi penyebab kebutaan. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab terjadinya katarak pada lansia. Maka dari itu, RS Mata Achmad Wardi BWI – Dompet Dhuafa menginisiasi untuk menyelenggarakan Workshop Pemeriksaan Mata Dasar di Wilayah Kota Serang

“Berdasarkan data statistik BPS Kota Serang menyebutkan bahwa, jumlah penduduk kota serang dengan usia >45 tahun sebanyak 133.432 jiwa. Kelompok usia tersebut lebih beresiko tinggi mengalami masalah gangguan penglihatan seperti katarak, retina dan gangguan mata lainnya. Kurangnya pengetahuan masyarakat, terbatasnya fasilitas kesehatan dan keterbatasan petugas indra yang terampil dapat mempersulit terdeteksinya penderita katarak. Kemudian juga dapat memperburuk kondisi penderita katarak apabila tidak segera ditangani,” ucap Moh. Badrus Sholeh, Direktur Utama RS Mata Achmad Wardi, Kamis (13/8/2020).

Workshop tersebut dilaksanakan untuk memberikan edukasi, wawasan dan keterampilan kepada dokter umum dan petugas indra di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terkait pemeriksaan mata dasar. Sehingga mampu melakukan diagnosis yang akurat. Masyarakat kelompok usia risiko tinggi katarak bisa terdeteksi sejak dini. Kegiatan diikuti 32 peserta dari seluruh perwakilan puskesmas di wilayah Kota Serang.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dibekali materi yang di antaranya mengenai gejala katarak, retina hingga pemeriksaan mata secara langsung dengan menggunakan alat yang disediakan dalam workshop oleh RS Mata Achmad Wardi.

Selain itu, peserta dalam juga dibekali langsung alat Oftalmoskop secara gratis oleh RS Mata Achmad Wardi BWI-DD yang tujuanya memberikan fasilitas untuk dokter umum di puskesmas sebagai penunjang pemeriksaan mata dasar kepada para pasien yang memeriksakan kesehatan mata.

“Saya mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan tersebut, kami dari Dinas Kesehatan mengharapkan kegiatan tersebut bisa terus berkelanjutan. Sehingga dokter umum dari puskesmas seluruh Kota Serang bisa menambah pengetahuan dan skill dalam pemeriksaan gangguan mata yang dialami oleh masyarakat. Kegiatan workshop ini sangat bermanfaat terutama saat mendiagnosis pasien. Sehingga bisa lebih teliti lagi. Apalagi diberikan Oftalmoskop, semakin memudahkan dalam pemeriksaan terutama katarak,” imbuh Ikbal, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang.

Peran dari pemerintah Kota Serang sangat dibutuhkan khususnya dinas terkait, seperti Dinas Kesehatan. Selain itu, RS Mata Achmad Wardi BWI-DD ke depannya akan terus mendukung program pemerintah dengan terus mengadakan workshop seperti ini, tujuannya untuk memberikan wawasan dan edukasi para medis yang ada di puskesmas di wilayah Kota Serang bahkan seluruh wilayah Banten.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini