Beranda Internasional Roket Starship Milik Elon Musk Meledak di Udara

Roket Starship Milik Elon Musk Meledak di Udara

Starship buatan SpaceX (Tangkapan layar video YouTube)

JAKARTA – Roket Starship buatan SpaceX merupakan roket terbesar dan terkuat yang pernah dibuat.

Starship telah diluncurkan di Boca Chica, Texas, pada Kamis (20/4/2023). Namun, beberapa menit kemudian Starship meledak di udara.

Meski demikian, penerbangan pertama Starship dianggap sukses oleh SpaceX, seperti dilaporkan Live Science.

Starship meluncur dengan roket pendorong Super Heavy yang ditanamkan 33 mesin Raptor 2 untuk membawa kendaraan ke stratosfer dengan memecahkan rekor 16,5 juta pound (7,5 juta kilogram). dorongan.

Starship meledak karena mekanisme pemisahan antara dua tahap roket menyebabkannya berputar, dan meledak beberapa menit kemudian.

“Seolah-olah uji terbangnya tidak cukup menarik, Starship mengalami pembongkaran cepat yang tidak terjadwal sebelum pemisahan panggung,” tulis SpaceX di Twitter.

Peluncuran Starship ini merupakan tes pertama dari sistem roket yang menurut SpaceX akan digunakan untuk mengangkut kru, pesawat ruang angkasa, satelit, dan kargo ke lokasi di tata surya – baik untuk tujuannya sendiri maupun atas nama NASA.

Badan antariksa AS dijadwalkan menggunakan Sistem Pendaratan Manusia Starship untuk mengangkut manusia ke permukaan bulan untuk pertama kalinya sejak 1972 dalam misi Artemis 3 dan 4.

SpaceX bermaksud untuk mengirim Starship lain ke orbit rendah Bumi dengan awak kapal pada akhir tahun, tetapi seberapa besar masalah mekanisme pemisahan akan menunda atau mengubah rencana ini tidak diketahui.

Dengan tinggi 394 kaki (120 meter), Starship kira-kira memiliki panjang tiga jet penumpang dan 30 kaki (10 m) lebih tinggi dari roket Saturn V yang pertama kali mengirim astronot Apollo 11 ke bulan pada tahun 1969.

Starship juga lebih dari dua kali lebih kuat dari Saturn V, yang mendorong dirinya sendiri dengan daya dorong 7,6 juta pon (3,4 juta kg).

Starship dirancang terutama dengan manufaktur yang murah dan efisien, menggunakan baja tahan karat yang murah untuk konstruksinya dan metana (yang menurut SpaceX dapat dikumpulkan di Mars) untuk menggerakkan roket.

Ini dirancang untuk dapat digunakan kembali, dan dapat membawa muatan hingga 275 ton (250 metrik ton) dalam keadaan tidak dapat digunakan kembali – sekitar 10 kali lipat dari roket Falcon 9 SpaceX saat ini.

Ini adalah upaya kedua roket untuk lepas landas. Selama upaya pertama, pada hari Senin (17 April), roket diisi bahan bakar dan disiapkan, tetapi peluncuran dihentikan dengan waktu tersisa sembilan menit, setelah katup yang membeku menyebabkan masalah tekanan pada pendorong Super Heavy.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini