Beranda Komunitas Robot Mainan Ini Terbuat dari Barang Bekas

Robot Mainan Ini Terbuat dari Barang Bekas

TANGERANG– Banyak cara untuk memanfaatkan sampah anorganik yang tidak terpakai. Salah satunya seperti yang dilakukan Hendi Efendi dan Nata Nagara, dua pemuda asal Lingkungan Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci.

Dua pemuda ini menyulap sampah-sampah anorganik dan barang-barang tidak terpakai menjadi robot mainan yang mempunyai nilai ekonomis. Mulai dari botol plastik, tutup botol, tutup pulpen, dan berbagai barang elektronik yang sudah rusak dan tidak terpakai ia sulap jadi robot mainan.

“Waktu pembuatan satu robot biasanya satu hari, biasanya kalau ada yang pesan kami jual Rp20 ribu hingga Rp100 ribu tergantung ukuran dan tingkat kesulitan,” kata Hendi Efendi, Jumat (17/7/2020)

Untuk bahan pembuatan robot, Hendi melakukan Gerakan Pungut Sampah setiap malam setelah salat Isya di sekitar tempat tinggalnya yakni di Lingkungan Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci. “Kami bersama anggota komunitas lainnya sekitar 15 sampai 20 orang berkeliling melakukan pemungutan sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, Nata Nagara mengaku sejauh ini ia dan rekannya lebih mengedepankan edukasi untuk memilah dan memanfaatkan sampah. Kata dia, jika ada sampah plastik jangan langsung dibuang, barangkali bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai.

“Kami ajarkan itu ke anak-anak usia dini, makanya untuk pesanan kami baru dapat dari lurah, kecamatan, dan dari sekolah-sekolah,” pungkasnya. (Tra/Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini