Beranda Bisnis Ringankan Dampak Ekonomi Wabah Covid-19, YLKI Usulkan Tarif Listrik Diturunkan

Ringankan Dampak Ekonomi Wabah Covid-19, YLKI Usulkan Tarif Listrik Diturunkan

Ilustrasi listrik.

CILEGON – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai, adanya wabah pandemi virus corona atau Covid-19, secara ekonomi sudah sangat berdampak terhadap pendapatan masyarakat, khususnya untuk masyarakat rentan, yang pendapatannya berbasis harian.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan, pemerintah harus memikirkan kelompok ini, dan sudah seharusnya pemerintah memberikan kompensasi agar daya beli masyarakat tidak tergerus.

“YLKI mengusulkan agar struktur tarif listrik diturunkan, khususnya untuk golongan 900 VA, bahkan kalau perlu golongan 1.300 VA. Saat ini struktur tarif berdasar keekonomiannya (non subsidi) berkisar Rp1.352 per kWh. YLKI mengusulkan agar struktur tarif tersebut diturunkan minimal Rp100 per kWh, selama 3-6 bulan ke depan, atau bergantung pada lamanya wabah,” ujar Tulus melalui rilisnya kepada BantenNews.co.id, Kamis (26/3/2020).

Ia berharap, dengan penurunan struktur tarif tersebut, bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat rentan yang terdampak akibat wabah virus corona.

“Apalagi harga minyak mentah di pasaran dunia saat ini sedang turun, sehingga momen untuk menurunkan tarif listrik tidak terlalu mengganggu Biaya Pokok Penyediaan (BPP) listrik,” katanya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini