Beranda Komunitas Ribuan Warga Baduy Turun Gunung Menggelar Seba Baduy

Ribuan Warga Baduy Turun Gunung Menggelar Seba Baduy

LEBAK – Sebanyak 1.500 warga Suku Baduy mendatangi pemerintah daerah Lebak untuk menggelar ritual Seba Baduy. Acara Seba Baduy tersebut dilakukan oleh warga Baduy dengan membawa hasil bumi untuk diberikan kepada Pemda Lebak, Jumat (17/5/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak Budi Santoso mengatakan, untuk Seba Baduy tahun ini ada sekitar 1.500 warga Baduy luar dan Baduy dalam yang mengikuti Seba Baduy.

“Untuk warga Baduy dalam mereka melakukan perjalanan dengan cara berjalan kaki untuk sampai ke pendopo Lebak dengan menempuh perjalanan sepanjang 50 km,” kata Budi kepada awak media.

Ia mengungkapkan, para warga Baduy tersebut menempuh jarak puluhan kilometer dengan cara berjalan kaki sambil membawa hasil bumi. Hal itu merupakan tradisi yang biasa mereka lakukan setahun sekali.

“Setelah berada di pendopo, nanti para warga Baduy akan menyampaikan pesan atau amanah dari tetua adat Baduy atau yang kerap disebut Puun kepada Bapak Gede alias Bupati Lebak,” kata Budi kepada awak media.

Ia menambahkan, setelah dari pendopo Lebak, warga Baduy beristirahat dan disuguhi pagelaran wayang golek yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah.

“Keesokan harinya warga Baduy langsung melanjutkan perjalanan ke Banten untuk ketemu dengan Pj Gubernur Banten,” ucapnya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News