Beranda Pendidikan Ribuan Santri TKA-TPA BKPAKSI se-Kota Cilegon Diwisuda

Ribuan Santri TKA-TPA BKPAKSI se-Kota Cilegon Diwisuda

Sebanyak 1.144 santri Pendidikan Al Qur'an TKA-TPA BKPAKSI se-Kota Cilegon diwisuda

CILEGON – Sebanyak 1.144 santri Pendidikan Al Qur’an TKA-TPA BKPAKSI se-Kota Cilegon diwisuda. Wisuda ini merupakan ke-XXVIII. Acara digelar pada Minggu (28/4/2019) di di The Royal Krakatau Hotel.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Pendidikan Al-Qur’an dan Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) Kota Cilegon. Ribuan santri ini adalah santri TKA-TPA yang terdiri dari delapan kecamatan yang ada di Kota Cilegon.

Dirutda BKPAKSI Cilegon
Bayu Panatagama mengatakan, wisuda santri TKA-TPA yang diselenggarakan tiap tahun ini mengalami peningkatan dalam jumlah santrinya.

“Santri ini sebelum diwisuda mengikuti ujian Monaqosyah,” ujar Bayu.

Dia menuturkan bagi santri yang mengikuti jenjang pendidikan dasar atau kelas VI sekolah dasar (SD) diharapkan syahadah atau Ijazah yang santri milki dapat digunakan untuk persyaratan masuk di pendidikan formal SMP/MTs yang ada di Kota Cilegon sesuai dengan Perda Kota Cilegon Nomor 1 Tahun 2008 dan Perwal Kota Cikegon Nomor 25 Tahun 2014 Jo. Perwal Kota Cilegon Nomor 44 Tahun 2011 Tentang Pendidikan Diniyah serta sesuai dengan PP Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan dan Peraturan Menteri Agama No 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.

“Insya Allah, eksistensi Gerakan Pendidikan Al-Qur’an (TKA-TPA-TQA) di Kota Cilegon mampu untuk memberikan kontribusi nyata guna meningkatkan mutu SDM yang ada di Kota Cilegon ini,” ujarnya.

Dia berharap pendidikan wajib untuk dimiliki setiap individu, tidak hanya diperoleh melalui jalur sekolah formal saja, namun harus diimbangi oleh pendidikan keagamaan sejak usia dini yang diperoleh dari jalur non formal seperti TKA-TPA.

“Selain itu, pendidikan keagamaan bagi anak berperan sangat penting sebagai pegangan hidup dalam menghadapi zaman yang terus berkembang menuju era globalisasi. Oleh sebab itu, peran aktif dari keluarga dan lingkungan harus terus ditingkatkan, salah satunya dengan menyekolahkan anak-anak mereka di Pendidikan Keagamaan yang ada,” katanya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ