Beranda Peristiwa Ribuan Rumah di Provinsi Banten Dapat Sambungan Listrik Gratis

Ribuan Rumah di Provinsi Banten Dapat Sambungan Listrik Gratis

148
0
Ilustrasi - foto istimewa google.com

SERANG – Sebanyak 2.600 rumah di wilayah Provinsi Banten mendapat sambungan listrik gratis. Hal ini merupakan program sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk penyambungan listrik gratis rumah masyarakat tidak mampu.

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan, dalam empat tahun terakhir kapasitas listrik bertambah seiring dengan beroperasinya proyek pembangkit listrik. Kemudian, jaringan listrik sudah menjangkau ke pelosok negeri. Namun, masih ada rumah yang belum menikmati listrik meski jaringan sudah ada.

“Bapak Presiden menginstruksikan kepada kita bahwa kita harus melihat bagaimana masyarakat ini bisa betul-betul menikmati adanya listrik. Jadi karena itu kami bersama PLN bersinergi bersama-sama untuk Bagaimana bisa membantu masyarakat mendapatkan listrik,” kata Rini dalam kunjungan kerjanya di Serang, Banten, Jumat (13/7/2018).

Baca Juga :
loading...

Dalam kunjungan kerja itu, Rini meninjau langsung rumah warga yang mendapat sambungan listrik gratis di Desa ‎Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kebupaten Serang, Banten. Rini didampingi Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, mendatangi tiga rumah warga serta membagikan sembako ke warga sekitar.

Rini mengungkapkan, pemilik rumah selama ini masih menggunakan lampu teplok untuk penerangan di malam hari. Dari pengakuan sang empunya rumah, kebutuhan satu liter minyak tanah dapat digunakan selama 6 hari. Biaya yang dikeluarkan untuk satu lampu itu per liternya Rp 9.000. Artiannya kebutuhan minyak tanah selama satu bulan lebih dari Rp 45.000 untuk satu lampu. “Ini lebih mahal daripada mereka mendapat sambungan listrik,” ujarnya.

Dikatakannya para pemilik rumah tersebut sebenarnya mampu untuk membayar tagihan listrik per bulan. Namun, biaya pemasangan listrik yang hampir Rp 1 juta dirasa berat. Oleh sebab itu, sinergi BUMN yang memberikan penyambungan listrik gratis. Diharapkan dengan teralirinya listrik ke rumah-rumah warga itu mampu meningkatkan taraf kehidupan serta membuka peluang usaha.

Di tempat yang sama, Direktur Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS menuturkan, di Desa Panenjoan terdapat 55 rumah yang mendapat sambungan gratis. Adapun daya listrik yang dialiri sebesar 450 volt ampere (VA). Dia mengungkapkan warga yang mendapat sambungan listrik itu berdasarkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

“Untuk Provinsi Banten dapat jatah 2.600 sambungan. Ini tahap pertama untuk dilistriki sinergi BUMN,”ujarnya. (Red)

Sumber : beritasatu.com

loading...