Beranda Pemerintahan Ribuan Kendaraan Plat Merah Cilegon Dicek Fisik

Ribuan Kendaraan Plat Merah Cilegon Dicek Fisik

Kendaraan roda dua milik Pemkot Cilegon tengah menjalani pengecekan fisik. (Gilang)

CILEGON – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Cilegon melakukan pengecekan fisik terhadap berbagai jenis kendaraan bermotor plat merah yang dikelola di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Rabu (17/3/2021).

Kepala Bidang Aset pada BPKAD Cilegon, Raden Firman mengatakan pengecekan fisik kendaraan itu akan berlangsung selama 15 hari kerja ke depan terhitung sejak hari ini.

“Untuk hari pertama ini, total ada sekitar 120 kendaraan dinas yang terdiri dari mobil dan motor dari enam OPD. Rencananya semua jenis kendaraan plat merah baik itu kendaraan dinas hingga operasional seperti cator (becak motor) dan truk juga akan kita lakukan pengecekan,” ujarnya ditemui di sela kegiatan.

Melalui pengecekan fisik kendaraan ini akan diketahui tingkat kepatuhan OPD dalam perawatan aset daerah tersebut. Di hari pertama pengecekan ini, diketahui rata-rata kendaraan hanya mengalami kerusakan ringan, itu pun karena berbagai faktor.

“Jadi belum ada yang janggal, semua masih layak. Seperti starter yang mati, AC mati, lampu utama dan sein, kita sarankan untuk diganti aja. Ada juga yang karena faktor usia mobil, kita sarankan untuk dilakukan peremajaan,” terangnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat sekira 1.924 kendaraan plat merah aset Pemkot Cilegon yang pengelolaannya tersebar di seluruh OPD. Jumlah tersebut terdiri dari 646 kendaraan roda empat, 100 kendaraan roda tiga dan 1.178 kendaraan roda dua.

“Bagi yang berhalangan hadir hari ini, kita rekap, nanti hasilnya kita kirim Inspektorat untuk menjalani pemeriksaan khusus. Nanti mereka yang akan menjelaskan ke Inspektorat langsung. Apakah kendaraan itu ada di bengkel, atau rusak, intinya fisiknya ada dan surat menyuratnya pun ada,” tandasnya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ