Beranda Uncategorized Ribuan Isu Hoax Covid-19 ‘Seliweran’ di Banten Lewat Sosmed

Ribuan Isu Hoax Covid-19 ‘Seliweran’ di Banten Lewat Sosmed

Suasana FGD Dinkes Banten.(Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)  mengungkapkan setidaknya terdapat 1.400 hoax atau berita bohong lokal tentang Covid-19 di Banten. Dimana rata-rata terdapat lima informasi hoax baru per hari yang dilempar di media sosial (Medsos).

Tenaga Ahli Kemkominfo, Donny Budi Utoyo mengatakan, berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh pemerintah, isu hoax 20 kali lebih cepat dibanding isu sebenarnya.

“Untuk mengatasi hoax adalah melalui klarifikasi dari otoritas yang bisa menjawabnya. Sayangnya, klarifikasi tidak akan menyaingi atau melebihi downtime berita hoax,” kata Budi pada acara FGD di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Rabu (24/2/2021).

Di sisi lain, lanjut Budi, user yang ikut menyebarkan hox itu sendiri belum tentu mau ikut menyebarkan hasil klarifikasi dari pemerintah.

“Karena si penerima hoax sebelumnya yang ikut menyebarkan, belum tentu mau ikut menyebarkan hasil klarifikasi atas berita hoax yang sebelumnya beredar,” katanya.

Oleh karena itu, menurut Ati, keberadaan media menjadi kunci dalam menangkal isu-isu hoax disamping ikut serta memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Yang perlu diketahui, selain menangkal hoax, media juga memberikan informasi agar masyarakat terhindar dari hoax,” ujarnya.

(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini