Beranda Sosial dan Budaya Rhino X Triathlon Race Bakal Semarakan Festival Pesona Tanjung Lesung 2018

Rhino X Triathlon Race Bakal Semarakan Festival Pesona Tanjung Lesung 2018

Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati bersama peserta Rhino X Triathlon. (Foto istimewa)

 

SERANG – Festival Pesona Tanjung Lesung 2018 kembali diramaikan dengan Rhino X TriathlonRace pada 28-30 September 2018 di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang. Sekitar 200 peserta dari 7 negara dipastikan bakal mengikuti kejuaraan terbuka tersebut. Ini menjadi tahun kedua Rhino X Triathlon digelar di Tanjung Lesung. Tujuh negara tersebut yakni Amerika, Belanda, Indonesia, Jepang, Perancis, Selandia Baru dan Spanyol.

Rhino X Triathlon diselenggarakan sebagai agenda utama dalam perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung bersama sport tourism event lainnya yaitu Rhino MTB XCM (Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon). Atlet nasional seperti Muhammad Taufik, Ady Akhmad Jukardi dan Eva Desiana, akan turut berpartisipasi dalam kejuaraan terbuka ini.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan, Festival Pesona Tanjung Lesung merupakan bagian dari upaya pemerintah dan menarik banyak wisatawan domestik dan luar negeri untuk datang dan menikmati keindahan alam dan budaya Banten. Kementerian pariwisata, melalui pemerintah provinsi Banten, mendukung penuh acara ini sebagai bagian dari kampanye untuk menarik satu juta wisatawan ke Tanjung Lesung, serta untuk mempromosikan program Pesona Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, selain mengundang banyak wisatawan ke Tanjung Lesung dan kawasan Pandeglang lainnya, melalui festival ini, olahraga ekstrime Triathlon mulai dikenal luas. Sebab hingga saat ini, peminat olahraga ini masih diangka 5-10 persen.

Untuk menghibur pengunjung, festival Tanjung Lesung bakal dimeriahkan dengan penampilan Kunto Aji, penyanyi yang terkenal lewat singlenya ‘Terlalu Lama Sendiri’. Selain Kunto Aji, juga akan dimeriahkan dengan penampilan band lokal seperti discri-discri dan roompoet hijau.

“Ada banyak keseruan yang akan disajikan di festival ini. Kita berharap melalui event ini, wisata di Pandeglang turut terangkat, termasuk dari sisi kulinernya,” ujar Eneng. (You/Red)