Beranda Nasional Respon Sri Mulyani Soal Transaksi Mencurigakan Rp300 T di Kemenkeu

Respon Sri Mulyani Soal Transaksi Mencurigakan Rp300 T di Kemenkeu

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati - foto istimewa

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tak henti-hentinya diterpa masalah. Usai harta jumbo sejumlah pejabat dan pegawainya, terkini muncul kabar soal transaksi janggal Rp300 triliun di kementerian itu.

Hal itu diungkap oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. Kata dia, transaksi itu melibatkan 460 orang di Kemenkeu.

Ia juga menyampaikan, transaksi janggal itu sejatinya sudah dilaporkan ke Kemenkeu sejak 2009, tapi tidak ada kemajuan.

“Itu tahun 2009 sampai 2023, ada 160 laporan lebih. Taruhlah 168 sejak itu. Itu tidak ada kemajuan informasi. Sesudah diakumulasikan, semua melibatkan 460 orang lebih ke kementerian itu yang akumulasi terhadap transaksi yang mencurigakan itu bergerak di sekitar Rp300 triliun,” kata Mahfud dalam pernyataan, dilihat di YouTube Kemenko Polhukam RI, Kamis (9/3/2023).

“Tapi sejak 2009, karena laporan tidak di-update, tidak diberi informasi respons. Kadang kala respons itu muncul sesudah menjadi kasus, kayak yang Rafael. Rafael itu jadi kasus, lalu dibuka, lho ini sudah dilaporkan dulu kok didiemin, baru sekarang bisa. Dulu Angin Prayitno, sama, ndak ada yang tahu sampai ratusan miliar, diungkap KPK baru dibuka,” sambung Mahfud.

Respon Sri Mulyani

Menanggapi itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku belum melihat secara jelas dari mana angka tersebut muncul. Ia mengatakan, baru pada Kamis pagi menerima surat dari PPATK terkait transaksi mencurigakan Rp300 triliun itu.

“Tadi saya sudah komunikasi dengan Pak Mahfud dan dari PPATK pak Ivan, pertama surat itu baru saya terima tadi pagi. Mengenai Rp300 triliun terus terang saya nggak tahu juga dari mana angkanya. Dari surat yang disampaikan ke saya 36 lembar itu belum melihat angkanya,” ujar Sri Mulyani usai mendampingi Presiden Jokowi sidak ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta seperti dikutip dari channel YouTube Berita Surakarta, Kamis (9/3/2023).

Sri Mulyani akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan Mahfud MD dan Ivan Yustiavandana terkait angka Rp300 triliun itu.

“Nanti saya kalau kembali ke Jakarta akan bicara lagi dengan Pak Mahfud dan Pak Ivan angkanya dari mana sehingga saya juga punya informasi yang sama dengan anda semua media dan masyarakat,” lanjutnya.

Kata dia, dirinya harus mengetahui cara perhitungannya hingga bisa ketemu angka Rp300 triliun itu.

“Tentu saya tanya ke Pak Ivan nanti cara menghitungnya gimana datanya seperti apa karena di dalam surat yang disampaikan ngga ada satu angka pun,” ujarnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini