Beranda Uncategorized Resmikan Waduk Sindangheula, Jokowi Sebutkan Manfaatnya untuk Warga Banten

Resmikan Waduk Sindangheula, Jokowi Sebutkan Manfaatnya untuk Warga Banten

Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang, Banten. (Ist)

SERANG – Presiden Jokowi telah meresmikan Bendungan Sindangheula, Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3/2021). Peresmian disambut hangat oleh pimpinan daerah dan stakeholder yang ada di Banten.

Di hadapan Gubernur Banten Wahidin Halim, pria yang akrab disapa Pak De tersebut memaparkan proyek bendungan yang dibangun mulai 2015 silam itu. “Pertama bendungan ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik yang akan memberikan manfaat irigasi 1.280 hektar sawah yang ada di Serang dan umumnya di Banten,” kata Jokowi.

Jokowi berharap, bendungan tersebut dapat mendongkrak produktivitas pertanian dan menjadi nilai tambah bagi petani khususnya untuk ketersediaan air yang cukup. “Semoga bisa menjadikan ketahanan pangan di Banten semakin meningkat,” harapnya.

Manfaat kedua, kata Jokowi, bendungan Sindangheula sebagai pasokan air baku untuk daerah industri di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. “Bisa menyediakan air baku hingga 0,8 meter kubik per detik,” ujarnya.

Presiden Jokowi meninjau Bendungan Sindangheula. (Ist)

Selain itu, manfaat lain yakni sebagai pengendalian banjir karena dapat mereduksi banjir sebanyak 50 meter kubik per detik dari meluapnya Suangai Ciujung dan Sungai Cidurian yang sering menggenang beberapa wilayah di Banten.

Keempat Bandungan Sindangheula juga berfungsi penghasil listrik 0,40 mega watt. Jokowi berharap ketersediaan listrik tersebut dapat mengurangi ketergantungan sumber energi listrik dari fosil. “Ini juga bisa untuk konservasi dan destinasi pariwisata baru.”

Bendungan Sindangheula di Pabuaran, Serang, Banten. (ist)

Jokowi meminta kepada segenap masyarakat Banten untuk menjaga bendungan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat Banten. (you/red)