Beranda Peristiwa Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja, Jokowi: Permudah Logistik Serta Urai Kemacetan

Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja, Jokowi: Permudah Logistik Serta Urai Kemacetan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan dua jalan tol pada Selasa (20/9/2022). (YouTube Sekretariat Presiden)

BANTEN – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan dua jalan tol pada Selasa (20/9/2022). Tol yang dimaksud ialah tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja.

Jokowi menerangkan bahwa jalan tol Cibitung-Cilincing dibangun sepanjang 27,2 kilometer. Penggunaan jalan tol tersebut diharapkan bisa mempercepat mobilitas terutama bagi pengangkut barang.

“Utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian utara dan juga dari kawasan-kawasan logistik yang ada di Karawang, di Bekasi sehingga sangat cepat dengan jalan tol Cibitung-Cilincing ini dihantarkan kepada pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah utara,” kata Jokowi saat peresmian yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap dengan adanya kemudahan mobilitas pengangkut barang, maka akan turut mendukung daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor.

Sementara untuk jalan tol Serpong-Balaraja dibangun sepanjang 5,1 kilometer.

Pembangunan jalan tol Serpong-Balaraja itu diharapkan bisa memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer barang yang hendak diekspor maupun barang impor menuju ke kawasan industri ke kawasan logistik.

Di sisi lain, Jokowi juga menyebut kalau tol yang masuk ke dalam jaringan tol lingkar luar alias Jakarta Outer Ring Road (JORR) 3 itu bakal mengurangi kemacetan di DKI Jakarta.

“Untuk tol Serpong-Balaraja seksi 1, ini bagian dari JORR yang ketiga. Ini awal, sehingga nanti JORR ketiga selesai, JORR kedua selesai, dari barat ke timur dan sebaliknya, tidak usah melalui tengah Jakarta. Ini akan kurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta,” tuturnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ