Beranda Pemerintahan Resmi Dilaunching, RSUD Kota Serang Pasang Tarif Rp5000 untuk Berobat

Resmi Dilaunching, RSUD Kota Serang Pasang Tarif Rp5000 untuk Berobat

Walikota Serang, Tb Haerul Jaman didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, Ahmad Toyalis dan Anggota DPRD Kota Serang melakukan soft launching RSUD Kota Serang. (Foto: Ade F/bantennews.co.id)

SERANG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, Ahmad Toyalis mengklaim pihaknya sudah siap melayani masyarakat Kota Serang yang akan melakukan pengobatan di RSUD Kota Serang. Hal itu terungkap usai kegiatan soft launching RSUD Kota Serang, di Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (25/6/2018).

Soft launching tersebut diresmikan langsung oleh Walikota Serang, Tb Haerul Jaman. Ia menjelaskan rumah sakit yang mulai dibangun sejak 2017 itu menyediakan beragam layanan kesehatan. Pihaknya juga sudah menyiapkan dokter dan petugas kesehatan yang akan melayani warga yang berobat ke RSUD kota Serang.

“Besok sudah bisa siap melayani warga yang berobat. Rumah sakit ini menyediakan layanan poli dalam, poli gigi, poli mata, poli anak, poli kandungan, poli THT, poli umum, dan poli klinik,” ujarnya.

Toyalis mengungkapkan RSUD Kota Serang ini belum bisa melakukan pelayanan operasi, karena saat ini masih keterbatasan ruangan. Rumah sakit ini terdiri dari 56 kamar tidur, namun 4 kamar tidur digunakan untuk ruang UGD.

“Untuk ruangan lainnya menyusul, bertahap lah. Nanti kalau sudah selesai semua baru kami lakukan grand launching,” ujarnya.

Ia menambahkan terkait tarif berobat di rumah sakit ini masih menggunakan perda 2013. Pihaknya belum bisa menentukan tarif harga resmi. Ia menunggu ada perda yang baru untuk menentukan tarif berobat di RSUD Kota Serang. “Untuk sementara tarifnya sama seperti di puskesmas. 5 ribu perak lah, untuk rujukan 15 ribu rupiah. Sambil menunggu perdanya jadi, kalau gak salah masih di provinsi perdanya,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Toyalis, pihaknya belum melakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sebab RSUD Kota Serang ini baru soft launching. “Bertahap lah, nanti kami bicarakan lagi agar pelayanan kesehatan di rumah sakit ini lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu Walikota Serang Tb Haerul Jaman berharap keberadaan RSUD Kota Serang dapat menunjang Pemkot Serang dalam pelayanan kesehatan masyarakat. “Mudah-mudahan adanya RSUD ini dapat mempercepat pelayanan kesehatan di rumah sakit ini. Jadi jangan ada lagi yang mengantre. Kami ingin warga Kota Serang mendapat pelayanan kesehatan yang maksimal,” ucapnya. (Dhe/Red)