Beranda Ramadan Resep Peyek Kacang Tanah Renyah, Cocok untuk Camilan Saat Lebaran

Resep Peyek Kacang Tanah Renyah, Cocok untuk Camilan Saat Lebaran

Peyek Kacang Tanah - foto istimewa suara.com

SERANG – Lebaran kurang lengkap rasanya bila tak ada cemilan. Salah satu jenis cemilan nikmat adalah peyek kacang tanah. Cemilan ini populer di Indonesia. Tidak hanya cocok dijadikan sebagai camilan, peyek juga tidak kalah nikmat untuk dijadikan lauk pendamping nasi putih hangat.

Cara membuat peyek kacang tanah pun terbilang cukup mudah. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan beberapa tahapannya supaya bisa mendapatkan tekstur peyek yang renyah.

Selain itu, pastikan untuk memakai wajan berbentuk cekung supaya proses menggorengnya lebih mudah dan matangnya bisa sempurna.

Dilansir dari kanal YouTube Mama Adeeva melalui suara.com (jaringan BantenNews.co.id), berikut resep peyek kacang renyah

Bahan:

200 gram tepung beras

300 ml air

150 gram kacang tanah, potong-potong

3 siung bawang putih

3 buah kemiri

1 ruas kunyit

1 ruas kencur

½ sendok teh lada bubuk

1 butir telur

1 sendok makan tepung tapioka

Garam

Daun jeruk, buang tulang lalu iris tipis-tipis

Ketumbar

Cara Membuat Peyek Kacang Renyah:

Pertama, haluskan bawang putih, kemiri, kunyit, kencur, ketumbar, lada bubuk, dan garam.

Setelah itu, tambahkan air pada bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan juga irisan daun jeruk, tepung tapioka, tepung beras, dan telur. Campur sampai merata dan tidak ada yang menggumpal.

Selanjutnya, panaskan minyak untuk menggoreng peyek. Gunakan api sedang cenderung kecil dan tunggu sampai minyak benar-benar panas.

Berikutnya, ambil satu sendok sayur adonan peyek dan tambahkan sejumlah kacang tanah yang sudah dipotong-potong sebelum memasukkannya ke dalam minyak.

Siramkan adonan secara memanjang, jangan langsung terendam ke dalam minyak supaya hasilnya tidak terlalu keras. Pastikan untuk menyentuh tepian minyak saja.

Setelah itu, siram-siram minyak ke adonan peyek yang tidak terendam di dalam minyak, tunggu sampai minyak lepas sendiri dari wajan.

Goreng peyek sebentar, sampai warnanya berubah sedikit kecoklatan, angkat lalu tiriskan.

Masukkan minyak ke dalam toples supaya rasa renyahnya bisa bertahan lebih lama.

Selain kacang tanah, peyek juga bisa dibuat dengan jenis biji-bijian lain seperti kedelai dan kacang hijau. Ada pula peyek yang menggunakan hasil laut seperti udang dan rebon dengan cita rasa yang lebih asin.

Di samping cara memasak, cara menyimpan peyek juga menjadi kunci untuk membuat rasa renyah pada peyek bisa bertahan lebih lama. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan peyek di tempat minim udara.

Demikian informasi mengenai resep peyek kacang tanah gurih, selamat mencoba dan semoga sesuai dengan selera.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini