Beranda Pemerintahan Renovasi Masjid Ats-Tsauroh Kota Serang Dimulai April 2021

Renovasi Masjid Ats-Tsauroh Kota Serang Dimulai April 2021

(Foto: santidewi.com)

SERANG – Pemerintah Kota Serang menjadwalkan akan pengerjaan renovasi Masjid Agung Ats-Tsauroh pada April 2021. Karena Pemkot Serang sudah mengalokasikan anggarannya tahun ini Rp20 miliar dari APBD Kota Serang.

Walikota Serang Syafrudin menyebutkan, kebutuhan anggaran renovasi Masjid Agung Ats-Tsauroh yang berada di Pegantungan, Kecamatan Serang totalnya Rp60 miliar. Namun pembangunan renovasinya dilakukan secara bertahap, karena keterbatasan anggaran APBD Kota Serang.

“Tahun ini kami merencanakan merenovasi Masjid Agung Ats-Tsauroh. Tahun ini kami siapkan Rp20 miliar. Tahun 2022 Rp20 miliar dan tahun 2023 Rp20 miliar. Jadi bertahap karena kemampuan APBD Kota Serang,” ujarnya, Kamis(7/1/2020).

Ia mengatakan, Pemkot Serang berencana mengembangkan Masjid Agung Ats-Tsauroh sebagai Masjid Agung Kota Serang pada tahun 2021. Renovasi ini dalam rangka menata Masjid Agung Ats-Tsauroh, karena saat ini kondisinya memprihatinkan mulai dari fisik bangunannya, tempat wudhu yang licin, di dalam masjid sudah tidak nyaman, di luar area masjid juga acak-acakan, dan termasuk karyawannya juga tidak digaji.

“Karena keadaannya memprihatinkan saya ingin membangun ini dulu. Saya berdosa kalau ini ditelantarkan. Oleh karena itu kami membiayai dulu masjid Ats-Tsauroh,” ucapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(DPUPR) Kota Serang M. Ridwan menargetkan, pembangunan renovasi Masjid Agung Ats-Tsauroh dimulai April.

“Kalau sekarang ya paling cepat April, kalau tidak ada hal-hal lain yang menghambat,” ucapnya.

Ia menjelaskan, ada banyak hal tahapan yang harus dipastikan di antaranya kelengkapan teknis dan kelengkapan administrasi mulai dari penyiapan dokumen pelelangan, desain teknis, dan kerangka acuan kerjanya.

“Nah itu kan coba kita fixed-kan sekarang di Januari. Nanti kan di Februari-Maret kan mulai pelelangan. Mudah-mudahan kalau tidak ada gagal lelang dan APBD sudah ditetapkan, April sudah bisa dimulai,” ucapnya.

Ridwan menyebutkan, untuk tahun ini akan dimulai pembangunan landscaping terlebih dahulu. “Supaya tampak Masjid Agung Ats Tsauroh nya kelihatan,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini