Beranda Pemerintahan Reno Yanuar Sebut Menyejahterakan Masyarakat Cilegon Itu Mudah

Reno Yanuar Sebut Menyejahterakan Masyarakat Cilegon Itu Mudah

Reno Yanuar

CILEGON – Anggota DPRD Kota Cilegon, Reno Yanuar menilai menyejahterakan masyarakat Cilegon sebenarnya mudah. Apalagi menurutnya saat ini Cilegon didukung dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang cukup besar yakni mencapai Rp1,9 triliun.

Selain itu juga didukung dengan banyaknya industri besar. Bahkan, kata dia, terbesar di Asia Tenggara.

“Untuk mensejahterakan masyarakat atau membangun Cilegon itu hanya tinggal niatnya saja. Niat tidak untuk membangun Cilegon. Cilegon ini wilayah kecil. Keliling seharian saja habis seharian. Dengan anggaran yang begitu besar dengan Rp1,9 triliun, sebenarnya mudah untuk membuat perubahan besar di Cilegon,” ujar Reno saat berbincang wartawan, Kamis (1/11/2018).

Politisi yang menyatakan diri siap menjadi Wakil Walikota Cilegon ini mengaku miris karena di Kota Cilegon penganggurannya terbilang tinggi. Kata Reno, untuk mengikis pengangguran bisa di Cilegon perlu ada solusi yakni membentuk entrepreneurs atau wirausaha.

Sebab, cara memberikan pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK), menurutnya, sudah tak lagi efektif.

“Solusinya menyerap pengangguran itu dengan membina masyarakat menjadi entrepreneurs atau wirausaha, walaupun hanya menjadi seorang tukang siomay. Jadi masyarakat itu dibentuk mentalnya bukan lagi menjadi seorang buruh, tapi menjadi penguasaha. Saya berbicara seperti ini karena sebagai pelaku usaha, limbah bisa saya ubah menjadi barang yang lebih berharga,” ucap politisi PDI Perjuangan ini.

Dalam hal penataan kota, lanjut Reno, Cilegon masih mengabaikan estetika. Itu terbukti dalam penataan pusat kota masih kurang nyaman.

“Lihat saja pembangunan trotoar di Cilegon, apakah terlihat indah. Justru membuat sempit jalan. Kalau di Surabaya itu justru toko yang dibongkar untuk membangun trotoar, jadi jalan itu tidak menyempit. Begitu juga dengan Alun-Alun Cilegon itu saat ini berubah menjadi asar malam. Harusnya tidak begitu, ditata dengan baik,” ucapnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini