Beranda Kesehatan Rendahnya Capaian Vaksinasi Disorot Presiden, Ini Kata Bupati Lebak

Rendahnya Capaian Vaksinasi Disorot Presiden, Ini Kata Bupati Lebak

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

LEBAK – Capaian Vaksinasi Kabupaten Lebak, yang saat ini kurang dari 20 persen membuat Presiden Jokowi menyoroti bagaimana capaian vaksinasi harus segera tercapai. Tiga Kabupaten yang capaian vaksinasinya masih rendah di Provinsi Banten di antaranya Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang.

Menanggapi hal ini Bupati Kabupaten Lebak Iti Octavia Jayabaya, mengatakan bahwa ada beberapa kendala yang membuat capaian vaksinasi di Kabupaten Lebak masih rendah.

“Kemarin saya sampaikan pas pak Jokowi kunjungan dan memberikan pengarahan di KP3B. Kendala-kendala yang dihadapi setiap daerah seperti apa. Yang pertama secara topografi di Lebak ini susah, kemudian juga nakes kita kurang. Saya sampaikan penanggung jawabnya harus tetap dokter walaupun ada Bidan,” kata Iti, Jumat (24/9/2021).

Kurangnya nakes terutama dokter saat ini, masih menjadi kendala yang masih dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Lebak.

“Bahwa untuk tenaga kesehatan ini khususnya dokter harus menjadi prioritas. Kenapa, karena kemarin kita membuka lowongan untuk relawan penanganan Covid-19 tidak ada yang mendaftar, kemudian formasi CPNS juga tidak ada yang mendaftar,” katanya saat berada di Pemkab Lebak.

Selain itu, Iti menambahkan, bahwa pihaknya akan mengirimkan surat kepada Kementerian Kesehatan, untuk menambah jatah vaksin di Kabupaten Lebak.

“Jumlah vaksin kita mulai berkurang, terutama yang sinovac. Karena yang ada saat ini hanya moderna,” katanya.

Pemkab Lebak juga terus berusaha untuk menyakinkan masyarakat agar segera mengikuti vaksinasi, karena saat ini edukasi dan paham tentang vaksin di masyarakat masih rendah. (Mg-And/Red)