Beranda Komunitas Rencana Pemkot Serang Buat Jalur Sepeda Disambut Baik

Rencana Pemkot Serang Buat Jalur Sepeda Disambut Baik

Mahasiswa di Lebak bersepeda untuk mengkampanyekan tolak politik uang. (Ali/bantennews)

 

SERANG – Komunitas sepeda menyambut baik rencana Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Perhubungan Kota Serang yang akan membangun jalur  khusus sepeda di jalan raya. Jalur sepeda ini penting untuk meminimalisir kecelakaan yang dapat menimpa para pesepeda ketika berada di jalan raya.

Muhammad Kholani, salah satu pendiri SCAM, komunitas yang menaungi beberapa komunitas sepeda di Serang, Cilegon, Anyer, dan Merak, menyambut baik dan mengapresiasi rencana yang akan dilakukan Dinas Perhubungan Kota Serang itu. Selama ini para pengendara sepeda was-was bahkan takut ketika melintasi jalan raya yang tidak memiliki jalur sepeda. Sebab pengguna kendaraan lain seperti sepeda motor dan mobil setiap saat bisa saja menabrak para pengguna sepeda. “Kami dari komunitas sepeda sangat mendukung sekali rencana ini,” kata Ola, panggilan akrab Muhammad Kholani, Jumat (15/11/2019).

Bila ada jalur khusus sepeda di jalan raya maka mengendarai sepeda akan merasa lebih aman. Pengguna kendaraan lain pun akan lebih memperhatikan dan memberikan ruang kepada pengendara sepeda karena ada jalur khusus yang dibuat. Ola mengaku sudah sejak lama menginginkan adanya jalur sepeda di jalan jalan raya seperti yang sudah ada di beberapa daerah. “Kalau terkait panjang jalur sepedanya kita serahkan ke pemda,” ujarnya.

Bila jalur sepeda di jalan ini benar-benar terwujud maka SCAM  siap mengkampanyekan dan menyosialisasikan jalur sepeda tersebut kepada masyarakat. SCAM sendiri selama ini gencar mengkampanyekan agar masyarakat menggunakan sepeda baik ketika akan menuju sekolah maupun tempat kerja. Sebab selain tidak menimbulkan polusi, penggunaan sepeda juga akan lebih menyehatkan penggunanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Serang Maman Luthfi mengatakan pihaknya akan membuat jalur sepeda di sembilan ruas jalan di Kota Serang. Tujuannya guna memfasilitasi pengguna sepeda, pembuatan jalur sepeda, kemudian meningkatkan keselamatan di zona aman sekolah.
Kesembilan ruas jalan yang akan dilengkapi jalur khusus sepeda adalah Jalan Ki Mas Jong–SDL, Jalan Brigjen K.H. Sam’un–SMA Mardiyuana, Jalan Veteran, Jalan Jenderal Ahmad Yani–SMAN 1, dan Jalan Abdul Latif–SDN Rau. Lalu, jalan K.H. Sochari, Jalan Ciwaru-SD Pancamarga, Jalan Abdul Hadi, dan Jalan Yusuf Martadilaga–SDN 20 Kota Serang.(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini