Beranda Sosial dan Budaya Relawan Pustaka Bergerak Bantu Korban Gempa Lombok

Relawan Pustaka Bergerak Bantu Korban Gempa Lombok

Foto istimewa

MERAK – Pegiat Pustaka Bergerak di Bakauheni Lampung Selatan, yakni Perahu Pustaka, Jangkar Pustaka, Pustaka Nelayan, Motor Perahu Pustaka dan CHIPS Perahu Pustaka ambil bagian dalam membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Para pegiat literasi itu mengadakan penggalangan dana.

Posko penggalangan Dana dan barang di buka di dua Lokasi. Pertama di Toko Agung beralamat di Jalan Raya Bakauheni Lampung Selatan. Kedua, di Bimbel Primagama Borobudur di Kota Tangerang, Banten.

Menurut Radmiadi pegiat Perahu Pustaka, aksi solidaritas ini dilaksanakan sebagai wujud empati dan upaya bantuan pihaknya sebagai sesama anak bangsa menyikapi Musibah yang terjadi di Lombok.





“Bagi Masyarakat yg ingin turut berdonas bisa menyalurkan melalui rekening atas nama Muhammad Hamdani, Bank BSM kode Bank 451 Nomor rekening 7074105477,” ujarnya, Minggu (26/8/2018).

Menurut Mas Agung Gede, pegiat Jangkar Pustaka mengatakan, saat ini sudah beberapa bantuan yang di kirimkan ke Lombok dalam bentuk barang dan dana.

“Seperti selimut, terpal, baju layak pakai dewasa, keperluan wanita, sabun, shampo dan keperluan anak anak,” terangnya.

Untuk bantuan penggalangan dana melalui rekening, lanjutnya, bantuan langsung di kirimkan ke Lombok melalui Relawan Sahabat Perahu Pustaka.

“Yakni Bu Hj Yetty Muriyanto yang tinggal di Lombok. Selanjutnya Beliau membelikan keperluan-keperluan mendesak yang dibutuhkan pengungsi korban Gempa Lombok, baik untuk keperluan orang dewasa, anak anak, balita dan hingga menyelenggarakan kegiatan trauma healing,” paparnya.

Lebih lanjut Muhammad Hamdani pegiat CIPS Perahu Pustaka yang juga manajer Binbel Primagama Borobudur Tangerang menyatakan bahwa bantuan dana yang masuk akan dikirimkan secara bertahap.

“Kami telah bersepakat bahwa dana yang masuk dari Donatur tidak akan lama kami simpan di rekening, paling lama dua hari. Selama masa dua hari itu, tim melakukan koordinasi dengan relawan di Lombok mengenai apa saja kebutuhan yang akan di beli dan di salurkan di sana. Dengan mendapatkan paparan Fakta dan Data langsung dari Pengungsian maka bantuan akan lebih tepat, dan cepat sampai ke sasaran,” katanya. (Man/Red)