Beranda Pendidikan Rektor Untirta: Pemuda di Banten Mesti Bersatu dan Berinovasi

Rektor Untirta: Pemuda di Banten Mesti Bersatu dan Berinovasi

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Prof. Dr. Fatah Sulaiman. (Ist)

SERANG – Pemuda di Banten harus bersatu dan terus berinovasi untuk menyiasati perkembangan zaman. Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dr Fatah Sulaiman.

“Sesuai dengan tema kali ini, ‘Bersatu Kita Maju’, pasca pemilu tidak boleh ada lagi nuansa kontestasi perbedaan pilihan, karena semua itu sudah selesai. Kini, seluruh elemen pemuda, baik yang tergabung di ormas dan pemuda secara umum harus sadar bersatu padu untuk kekuatan dan pembangunan bangsa, khususnya di Provinsi Banten,” kata Fatah kepada BantenNews.co.id, Senin (28/10/2019).

Fatah menyebutkan, tantangan pemuda kedepan kian dihadapkan pada kompetisi yang membutuhkan kompetensi dan keterampilan yang memadai. Kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 membutuhkan pemuda yang tangguh dalam menghadapi masa depan.

“Tentu saja tantangan kedepan kompetisi membutuhkan fokus dan perhatian menyangkut life skill. Pemuda harus sadar akan perubahan zaman diiringi kemajuan teknologi membutuhkan pemuda yang punya ekompetensi dan menguasai IT dan bahasa. Orientasinya bukan sekadar menambah daya saing di dalam negeri, tapi lebih dari itu untuk menghadapi kompetisi di tingkat global,” kata Rektor.

Mengenai fenomena banyaknya angka pengangguran terbuka di Banten yang didominasi pemuda, Rektor berharap anak muda lebih kreatif dan tidak melulu menggantungkan pada sector industri. Mengingat revolusi industri disertai revolusi digital membuka peluang-peluang baru dalam hal pekerjaan.

“Pemuda harus kratif dan berwawasan terbuka di era revolusi digital ini. Kreativitas saat ini tanpa batas termasuk untuk memilih peluang. Fenomena perusahaan startup (usaha rintisan). Dengan demikian, gagasan menjadi hal yang berharga dan memiliki nilai jual. Untuk itu, jangan berhenti berinovasi,” harapnya. (you/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini