Beranda Pendidikan Rektor Fatah Sulaiman Pimpim Mabigus Untirta

Rektor Fatah Sulaiman Pimpim Mabigus Untirta

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Serang melantik Majelis Pembimbing Gugus Depan (MABIGUS) Gerakan Pramuka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa - foto istimewa

SERANG – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Serang melantik Majelis Pembimbing Gugus Depan (MABIGUS) Gerakan Pramuka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Sabtu (15/2/2020) di Gedung Kwarda Pramuka Banten.

Hadir dalam pelantikan tersebut Kwarda Banten yang di wakili oleh Miftahul Rahmat, Ketua Kawrcab Kota Serang, Achmad Syaefullah, dan Rektor Untirta sekaligus Ketua Mabigus Untirta, Prof. Fatah Sulaiman.

Pengurus Mabigus Untirta akan menjalankan tugas dari tahun 2020 hingga 2023.





Ketua Kwarcab Kota Serang, Ahmad Syaefullah dalam sambutannya memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi tingginya kepada Ketua Mabigus Untirta.

“Penentuan hari pelantikan ini memakan waktu yang panjang dikarenakan kesibukan dari berbagai pihak,” ucapnya melalui keterangan tertulis.

Lebih lanjut Ahmad Syaefullah menerangkan bahwa pengurus Kwarcab Kota Serang perlu banyak pembenahan terumata fasilitas sarana dan prasarana seperti gedung kwarcab. Selain itu, ada beberapa fasilitas yang belum dimiliki salah satunya yakni bumi perkemahan.

Kendati demikian tidak menyurutkan rasa cinta dan semangat sukarela serta disiplin terhadap pramuka dari para pengurus kwarcab kota serang.

“Alhamdulillah pengurus kami kompak dan bersemangat demi tegaknya pramuka. Ini merupakan landasan dari dasadarma dan trisatya,” katanya.

Kedepan Kwarcab Kota Serang berharap adanya sinergisitas dengan Untirta dalam berbagai kegiatan kepramukaan.

Perwakilan Kwarda Banten, Miftahul Rahmat merespon positif pelantikan Mabigus Untirta. Ia mengatakan sejak dikeluarkan peraturan Undang undang No. 12 tahun 2010 pramuka semakin diminati dan dilirik oleh banyak instansi.

“Memang sejak diterbitkan Undang Undang No.12 tahun 2010 pramuka semakin seksi dalam tanda kutip,” katanya.

Pramuka menurutnya harus dapat mejawab harapan masyarakat dan tantangan zaman saat ini.

“Jadi pramuka tidak hanya sebatas symbol, tidak hanya sebatas berkegiatan, namun bisa berintegrasi kepada seluruh kegiatan keseharian,” ucapnya.

Rektor Untirta sekaligus Ketua Mabigus Untirta yang baru dilantik Prof Fatah Sulaiman menyampaikan bahwa pramuka harus selaras dengan tri dharma perguruan tinggi.

“Kedepan Pramuka juga harus lebih sejalan dengan aktivitas pendidikan, penelitian, dan pengbadian masyarakat,” ujar Fatah.

Lebih lanjut Fatah mengatakan dalam pramuka juga mengenal konsep tri bina yakni bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat.

“Dengan konsep tersebut sudah seharusnya peran pramuka lebih ditingkatkan.”

Di akhir sambutannya Fatah juga berjanji akan mendukung kegiatan pramuka dengan segala sumber daya yang dimiliki oleh Untirta.

(Red)