Beranda Peristiwa Rekaman Suara di WhatsApp Soal Tsunami Gunung Anak Krakatau Hoaks, Pernah Beredar...

Rekaman Suara di WhatsApp Soal Tsunami Gunung Anak Krakatau Hoaks, Pernah Beredar 2018

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

SERANG – Kepala Dinas Kominfo Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati menegaskan rekaman hoaks ancaman tsunami akibat letusan Gunung Krakatau yang kini beredar di masyarakat adalah hoaks.

“Rekaman itu pernah beredar usai terjadi tsunami Selat Sunda di akhir tahun 2018. Tsunami akibat longsor Gunung Krakatau yang menerjang pesisir pantai barat Provinsi Banten di sebagian wilayah Kabupaten Serang dan Kabupaten Lebak,” jelasnya, Minggu (4/10/2020).

Masih menurut Kadiskominfo Banten, rekaman itu tidak berdasarkan pada sumber yang jelas. Hanya menyebut BMKG dan setda provinsi.

Dijelaskan, pada umumnya letusan gunung berapi tidak-tiba. Akan tetapi diawali dengan aktivitas vulkanik gunung berapi bersangkutan yang meningkat dengan ditandai oleh gempa vulkanik, guguran lava, hingga semburan debu vulkanik dan suara gemuruh.

“Pada situasi seperti saat itu, pihak BMKG biasanya sudah aktif memperingatkan semua pihak terkait. Termasuk kepada masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi,” ungkap Kadiskominfo.

“Semoga masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya alias hoaks,” tambahnya

Sebagai informasi, dalam rekaman hoaks yang beredar di grup Whatsapp (WA) itu pemilik suara memperkenalkan dirinya bernama Andre mendapatkan informasi dari setda provinsi yang mendapatkan data resmi dari BMKG yang memperkirakan Gunung Krakatau akan meletus dan mengakibatkan gempa delapan (8) skala richter dalam waktu dekat. Sehingga keluarga yang di sekitar pantai perlu diingatkan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini