Beranda Pemerintahan Reforma Agraria Diklaim Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pandeglang

Reforma Agraria Diklaim Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pandeglang

Bupati Pandeglang, Irna Narulita

PANDEGLANG – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pandeglang menggelar Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), Senin (6/6/2022), bertempat di Hotel S’rizki Pandeglang.

Kegiatan Rakor tersebut dihadiri oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita, Perwakilan Kanwil BPN Provinsi Banten, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pandeglang, Asisten Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan (Pemkesra) serta para pejabat di Lingkup BPN  Pandeglang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap gugus tugas reforma agraria dapat meningkatkan sinergitas antar instansi, guna menyelesaikan permasalahan agraria, baik permasalahan konflik maupun sengketa.

“Melalui pertemuan ini diharapkan ada langkah langkah strategis dalam menyelesaikan permasalahan agraria di Kabupaten Pandeglang, agar masyarakat dapat mengoptimalkan urusan tanah, sehingga dapat  meningkatkan kesejahteraan, “ucap Irna dalam keterangannya.

Sementara Kepala BPN Pandeglang Suraji menegaskan adapun tujuan dari Rerforma Agraria yaitu menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agraria melalui peraturan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, serta mengurangi ketimpangan dan menciptakan keadilan.

“Rakor  Gugus Tugas Reforma Agraria ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk mengurangi kemiskinan, memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi, meningkatkan ketahanan pangan serta memperbaiki dan menjaga kualitas lingkungan hidup,” terangnya.

Ia melanjutkan, dalam rapat koordinasi tersebut memfokuskan pada eks HGB 1 yang ada di daerah Majasari, disitu akan kita jadikan objek re-distribusi, karena HGB sudah akan berakhir di tahun 2027.

“Saat ini tim gugus reforma agraria memprioritaskan ke lokasi dua desa, dan akan dijadikan objek redistribusi di tahun yang akan datang,” ucapnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini