Beranda Opini Refleksi Akhir Tahun 2021, Tanda Tanya 10 Janji Kampanye Kepala Daerah Cilegon

Refleksi Akhir Tahun 2021, Tanda Tanya 10 Janji Kampanye Kepala Daerah Cilegon

Faturohmi. (doc.pribadi)

Oleh : Faturohmi, S.Sos, S.IP, M.Si

Di penghujung tahun 2021, pemerintahan daerah di bawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, terkait dengan 10 janji kampanye yang mereka gaungkan guna capaian “Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat” saat Pilkada 2020 lalu, Partai Gerindra menilai beberapa di antaranya masih jauh panggang dari api.

Salah satu contoh masalah program 25.000 lapangan kerja yang sampai saat ini masih terlihat sulit direalisasikan. Hal tersebut dapat dilihat dari masih belum turunnya jumlah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Cilegon yang masih stagnan di 12,69%. Bahkan di tengah situasi pandemi Covid-19 kemungkinan angka tersebut berpotensi mengalami kenaikan. Belum lagi banyaknya terjadi PHK sepanjang 2021 yang tidak dapat dielakkan.

Kemudian, persoalan lain yang masih perlu mendapat koreksi adalah terkait realisasi program beasiswa full sarjana yang belum maksimal, termasuk soal transparansi pelaksanaannya.

Persoalan lain yang juga tidak kalah penting adalah di bidang sosial, masih lemahnya integrasi data penerima bantuan sosial, sehingga tumpang tindih data masih terjadi sehingga belum betul-betul tepat sasaran.

Di bagian lain, permasalahan yang sampai saat ini belum ada upaya signifikan adalah persoalan penanganan banjir, dimana beberapa titik lokasi yang berpotensi terdampak banjir, masih belum ada tindakan serius dari pemerintah daerah. Sehingga belum lama ini pun masalah banjir masih menghantui sebagian besar masyarakat Cilegon.

Tak lupa juga persoalan-persoalan lain terkait dengan masih belum maksimalnya realisasi janji politik lainnya seperti realisasi KCS yang saat ini masih ditunggu masyarakat khusunya masalah bantuan modal UMKM. Tentu untuk merealisasikan program tersebut, perlu adanya kesungguhan dan kebersamaan Walikota dan Wakil Walikota dalam memimpin seluruh perangkat daerah, kekompakan itu penting dilakukan agar program-program pemerintah yang ditunggu masyarakat Kota Cilegon bisa terealisasi secara maksimal.

Penulis adalah Sekretaris Partai Gerakan Indonesia Raya Kota Cilegon

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini