Beranda Olahraga Real Madrid Resmi Kontrak Takefusa Kubo “Messi” Asal Jepang

Real Madrid Resmi Kontrak Takefusa Kubo “Messi” Asal Jepang

Takefusa Kubo - foto istimewa IndoSport

Real Madrid mendatang pemain Asia asal Jepang. Dia adalah Takefusa Kubo yang merupakan rekrutan baru Real Madrid di musim panas ini.

Los Blancos telah mengumumkan mendapatkan Kubo dari FC Tokyo untuk masuk ke skuat Real Madrid Castilla. Pemain 18 tahun itu diikat dengan kontrak berdurasi enam tahun dan Madrid membayar dua juta euro untuk mendapatkannya.

Kubo adalah salah satu bakat muda yang bersinar dari Negeri Matahari Terbit. Bakat sepakbolanya sudah mulai bercahaya pada usia tujuh tahun saat bermain untuk FC Persimmon, sebuah klub lokal yang berbasis di kota kelahirannya, Kawasaki.

Kubo kecil kemudian masuk ke FC Barcelona Soccer Camp, yang ada di Jepang. Pada Agustus 2009, dia dianugerahi MVP dalam usia delapan tahun.

Setahun kemudian, Kubo terpilih sebagai anggota tim FC Barcelona School dan berpartisipasi dalam Sodexo European Rusas Cup yang diadakan di Belgia. Dia dianugerahi MVP meskipun timnya berada di urutan ketiga.

Kubo kemudian balik ke Jepang dan bergabung dengan tim junior Kawasaki Frontale. Kubo tak lama di tim tersebut setelah dapat undangan masuk ke La Masia pada Agustus 2011 untuk memperkuat Barca Alevin C (U-11).

Selama musim 2012-2013, Kubo menyandang status pencetak gol terbanyak di liga dengan 74 gol dalam 30 pertandingan. Di musim berikutnya, dia menjadi MVP di turnamen Piala Mediterania U12. Dia juga membantu timnya mendominasi liga dan memenangi Piala Catalunya.

Kubo dipromosikan ke Barca Infantil A (U-14) di musim ketiga. Pada tahap ini kariernya di Barca tak mulus setelah klub dinyatakan melanggar kebijakan transfer internasional FIFA untuk anak-anak di bawah 18 tahun.

Kubo terpaksa harus pulang kampung pada Maret 2015 untuk mencari waktu bermain. FC Tokyo mengambil keuntungan itu dengan menyodorkan kontrak ke tim junior.

Performa Kubo terus meningkat bersama FC Tokyo dan dipromosikan ke tim utama pada September 2016 dalam usia 15 tahun. Debut di JJ.League, yang merupakan level tertinggi kompetisi Jepang, dibuat pada usia 15 tahun, 5 bulan dan satu hari.

Pada 15 April 2017 Kubo menjadi pemain termuda yang mencetak gol di J.League pada usia 15 tahun, 10 bulan. Kubo kemudian dipinjamkan ke Yokohama F. Marinos selama satu tahun pada Agustus 2018. Dia langsung mencetak gol di laga debut dalam pertandingan tandang melawan Vissel Kobe.

Kubo kemudian kembali ke FC Tokyo. Pada Januari 2018, Bhayangkara FC menggelar laga uji coba melawan FC Tokyo di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kubu ikut serta dalam pertandingan itu dan menyumbang dua gol dalam kemenangan 4-2 FC Tokyo.

Sejak awal musim 2019, Kubo menjadi starter reguler di FC Tokyo, hingga akhirnya diboyong Madrid.

Menembus Timnas Senior Jepang

Kubo selalu berhasil menembus timnas Jepang di kelompok umur, mulai dari level U-15 sampai U-20. Pada usia 15 tahun, dia dipanggil ke timnas Jepang U-20 untuk Piala Dunia U-20 2017.

Kubo pernah berhadapan dengan Indonesia di perempatfinal Piala Asia U-19 2018 di Jakarta. Kubo membuat assist untuk gol Taisei Miyashiro, yang sekaligus mengantarkan Jepang menang 2-0.

Saat belum genap berusia 18 tahun, Kubo dipanggil masuk ke timnas senior untuk menuju Copa America 2019 di Brasil. Dia melakukan debut pada 9 Juni 2019 dalam pertandingan persahabatan melawan El Salvador, sebagai pengganti Takumi Minamino di menit ke-67. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini