Beranda Komunitas Rayakan Tahun Baru, Rumah Dunia Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Rayakan Tahun Baru, Rumah Dunia Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Foto istimewa google.com

SERANG – Dalam upaya memupuk kecintaan masyarakat terhadap literasi, Rumah Dunia kembali menggelar kegiatan rutin tahunan Detik Akhir Detik Awal atau yang biasa disingkat menjadi DADA. Kegiatan ini akan dilangsungkan pada 31 Desember 2022 di Teater Terbuka Tasikardi Rumah Dunia.

Rumah Dunia mengundang seluruh masyarakat Banten untuk mengirimkan karya berupa puisi dan cerpen. Karya-karya tersebut nantinya akan di-launching bersamaan dengan momen malam pergantian tahun. Kegiatan ini akan diisi dengan workshop pemilahan sampah plastik dengan metode ecobrick, launching buku, sharing session dengan relawan kemanusian dan kebencanaan, parade pembacaan puisi, dan pementasan musik.

Detik Akhir Detik Awal 2022 mengusung tema “Memijak Alam Memupuk Masa Depan”. Miftah Rahmet selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan mengangkat tema ini untuk menjadi stimulus generasi muda agar mampu membedakan jenis-jenis sampah & peduli terhadap pengolahan sampah yang sebenarnya memiliki nilai guna jika tahu cara mengelolanya.

“Kenapa hal itu dilakukan? Pertama, tanggung jawab memelihara lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Kita bisa saling memberi solusi dan bersatu padu untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam agar tercipta kehidupan yang damai dan rukun. Kedua, berupaya mengurangi jumlah peredaran sampah plastik dengan teknik Ecobrick. Ketiga, lahan kosong/non-produktif yang ada di Banten sangat luas. Akan terasa hampa dan tak bermanfaat jika tak ditanami dengan tumbuhan yang layak konsumsi. Maka. Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli dalam menjaga lingkungan dengan aksi pembuatan antologi puisi & cerpen, sharing session soal pengelolaan lingkungan hidup produktif & pertunjukan seni di malam pergantian tahun,” ungkapnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ