Beranda Pariwisata Rawa Danau, Cagar Alam Peninggalan Purba di Kabupaten Serang

Rawa Danau, Cagar Alam Peninggalan Purba di Kabupaten Serang

Rawa Danau
Wisata Rawa Danau Kabupaten Serang - foto istimewa triptrus.com

KAB. SERANG – Rawa Danau adalah sebuah cagar alam di Kabupaten Serang, Banten. Cagar alam ini meliputi wilayah danau dan hutan rawa air tawar Rawa Danau atau Rawa Dano. Rawa Danau merupakan satu-satunya rawa pegunungan di Pulau Jawa.

Cagar Alam Rawa Danau terletak di empat kecamatan, yakni Mancak, Gunungsari, Padarincang dan Cinangka. Luas kawasan cagar alam ini mencapai 1.125 hektar.

Rawa Danau terbentuk dari bekas kawah gunung api purba. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 5 meter dan luas sekitar 500 hektar. Air di danau ini berwarna hijau kebiruan dan jernih.

Baca juga: Cagar Alam Rawa Danau untuk Konservasi Bukan Tempat Wisata

Hutan rawa di Rawa Danau didominasi oleh pohon-pohon rawa, seperti pohon bakau, pohon nyiur, dan pohon kelapa. Selain itu, di hutan rawa ini juga terdapat berbagai jenis tumbuhan dan hewan, termasuk ikan, burung, dan monyet.

Rawa Danau memiliki nilai penting sebagai habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Selain itu, Rawa Danau juga memiliki nilai penting sebagai sumber air baku.

Rawa Danau merupakan salah satu cagar alam untuk penelitian. Di Rawa Danau, peneliti dapat mempelajari berbagai hal tentang flora dan fauna yang hidup di Rawa Danau. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini